Ingin Mudik Lebaran Nyaman dan Hemat, Simak Tips Berikut Ini!

| Jum'at, 08/06/2018 03:35 WIB
Ingin Mudik Lebaran Nyaman dan Hemat, Simak Tips Berikut Ini! Ilustrasi.

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Mudik lebaran ke kampung halaman sudah menjadi rutinitas bagi masyarakat Indonesia sejak dulu, khususnya bagi mereka yang bekerja di luar daerah kelahiran. Momen tersebut menjadi lebih terasa karena sekaligus merayakan salah satu hari besar umat Islam, Idul Fitri.

Tapi, meskipun mudik lebaran, tetap harus bisa menghemat pengeluaran. Berikut ini ada beberapa tips yang dilansir dari Cashbac seperti dikutip dari laman liputan6.com, diantaranya:

1. Cek Kondisi Kendaraan

Untuk Anda yang memang terbiasa membawa kendaraan pribadi saat mudik, kondisi kendaraan menjadi faktor yang sangat penting. Lakukan pemeriksaan secara menyeluruh, mulai dari kondisi mesin, kaki-kaki, hingga roda. Jangan lupa periksa juga kelayakan kondisi aki, jangan sampai di tengah perjalanan Anda malah menjadi kesusahan dan harus mengeluarkan uang lebih karena kondisi kendaraan yang kurang baik.

2. Bawa Makanan dari Rumah

Sepele namun penting. Jika Anda menganggap makanan bisa dibeli ditengah perjalanan, ada baiknya Anda mengurangi niat tersebut. Kenapa? Karena terkadang beberapa makanan yang dijual sepanjang perjalanan memiliki harga yang lebih mahal dari biasanya. Selain harga, masih banyak hal yang dapat menjadi pertimbangan mengapa membawa makanan dari rumah akan lebih menguntungkan, seperti faktor kebersihan dan rasanya yang akan lebih terjamin.

3. Ambil Uang dalam Jumlah yang Pas

Memang ada potensi bahaya jika membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak karena dikhawatirkan adanya tindakan kejahatan. Namun jika tetap waspada di mana saja Anda berada, mengambil uang tunai dalam jumlah yang pas dan dibawa seluruhnya justru akan memberikan manfaat. Apa pengaruhnya? Tidak lain karena Anda akan terlatih untuk melihat berapakah sisa uang yang dimiliki dan masih bisa digunakan. Hal ini juga dapat mengurangi perilaku konsumtif membeli beberapa keperluan yang sekiranya memang kurang penting.

4. Manfaatkan Promo Sepanjang Perjalanan

Tidak ada yang salah dengan promo. Selama Anda menggunakannya dengan bijak, promo akan memberikan banyak manfaat. Anda bisa memanfaatkan promo yang langsung diberikan oleh toko tempat Anda berbelanja. Namun jika ada kesulitan mencari promo di daerah tertentu, Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi pendukung yang akan memberikan promo tambahan untuk mengurangi pengeluaran.

Lebih menguntungkan bukan jika kita lebih siap jelang mudik lebaran, sehingga mudik terasa lebih nyaman dan tidak boros. Selamat mudik!

Tags : Mudik Lebaran , Idul Fitri