Menpar Sebut Asian Games Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

| Selasa, 24/07/2018 18:05 WIB
Menpar Sebut Asian Games Tingkatkan Kunjungan Wisatawan Api obor Asian Games telah sampai di Denpasar, Bali, Selasa (24/7). (Foto: tribunnewscom)

DENPASAR, RADARBANGSA.COM - Kirab Obor Asian Games 2018 telah sampai di Provinsi Bali. Obor diarak di pusat Kota Denpasar, Bali, Selasa, 24 Juli 2018. Setelah dari Ekowisata Subak Sembung, Denpasar Utara, obor api dalam Torch Relay Asian Games 2018 dibawa ke Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandi, Renon Denpasar Timur, Bali. 

Arak-arakan obor api tersebut melewati titik 0 Denpasar, yakni Patung Catur Muka, hingga tiba sekitar pukul 11.25 Wita di sisi timur Bajra Sandi. Obor api yang dibawa oleh pihak BRI itu kemudian diserahkan ke Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra untuk menyalakan tungku api di Monumen Bajra Sandi.

Menteri Pariwisata Arief Yahya yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan Torch Relay Asian Games 2018 merupakan salah satu ajang promosi sport tourism. Terlebih, diperkirakan ada 170 ribu orang yang akan datang ke Indonesia saat Asian Games berlangsung.

"Ada 10 ribu atlet, 5.000 official, 5.000 media, bahkan media bisa lebih dari itu. Penonton dari asing 150 ribu, total sekitar 170 ribu orang yang akan datang," ujar Arief Yahya di Monumen Bajra Sandi Renon, Denpasar.

Selaras dengan jumlah kunjungan, ia memperkirakan akan ada kenaikan pemasukan bagi Indonesia saat Asian Games 2018. "Kalau ada 170 ribu orang datang ke Indonesia, dengan dampak ekonomi averagenya USD 1.200 lebih, kira-kira 230 juta USD, jadi sekitar Rp 3 triliun lebih. Itu direct impactnya. Tapi untuk sport tourism yang besar seperti ini indirect impactnya, dari media valuenya dua kali lipat bisa Rp 6 triliun," lanjutnya.

Dia menerangkan, dalam Torch Relay Asian Games 2018 ada tujuh daerah destinasi wisata ditonjolkan. Yakni Yogyakarta, Banyuwangi, Bali, NTB, Jakarta, Palembang, dan Bandung.

"Di tiap destinasi wisata pasti seru, karena pariwisata sadar betul ini kesempatan emas untuk promosi," ungkap Yahya.

Setelah dari Bajra Sandi, rencananya obor akan dibawa dan kirab dilanjutkan ke Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park, Jimbaran. Selanjutnya, Obor api Asian Games tersebut rencananya akan dibawa ke NTB pada Rabu (25/7).

Tags : Menpar RI , Asian Games 2018 , Wisatawan