Menpar: Kecanggihan Digital Sangat Bermanfaat Bagi Kemajuan Pariwisata

| Rabu, 29/08/2018 20:01 WIB
Menpar: Kecanggihan Digital Sangat Bermanfaat Bagi Kemajuan Pariwisata Arief Yahya (Menteri Pariwisata RI).

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Perkembangan digital yang sangat pesat hingga saat ini turut mempengaruhi dunia pariwisata. Keunggulan tersebut harus dimanfaatkan dalam memajukan Pariwisata Indonesia.

Menteri Pariwisata RI Arief Yahya mengatakan, fenomena perkembangan digital tersebut menjadi kesempatan emas untuk menaikkan pariwisata nasional.

"Kita tidak bisa melawan zaman. Justru kita harus mengikutinya," ujar Arief dalam keterangan tertulis, Rabu, 29 Agusus 2018.

Menurut Menpar, saat ini hampir semuanya memanfaatkan keunggulan digital baik dalam kehidupan sehari-hari maupun sebagai pemandu perjalanan. "Di masa sekarang, hampir semua memanfaatkan keunggulan digital. baik untuk kehidupan sehari-hari, atau sebagai pemandu perjalanan, dan banyak lagi fungsinya," jelas Menpar.

Kementerian Pariwisata, sebutnya, turut memanfaatkan keunggulan digital saat ini. Karena, jelas Menpar, wisatawan sudah menjadikan kecanggihan digital sebagai sarana pendamping perjalanan wisatanya.

"Wisatawan sekarang sangat memanfaatkan digital. Mulai dari memantau jadwal keberangkatan, atraksi yang ada di lokasi wisata, memesan hotel dan transportasi. Semua mereka lakukan secara digital dan ini sangat memudahkan mereka," tuturnya.

Menpar sendiri juga telah memanfaatkan digital untuk memajukan potensi pariwisata Indonesia. Dibawah kepemimpinannya, sektor pariwisata menjelma menjad penyumbang devisa terbesar kedua buat Indonesia. Devisa dari sektor Pariwisata pada 2016 sebesar USD 13,568 miliar berada di posisi kedua setelah minyak kelapa sawit USD 15,965 miliar. 

Tags : Kementerian Pariwisata RI , Teknologi Digital , Pariwisata , Indonesia

Berita Terkait