Ditarget 20 Juta Wisman, Menpar Apresiasi Komitmen Tinggi Presiden Terhadap Pariwisata

| Rabu, 26/09/2018 19:47 WIB
Ditarget 20 Juta Wisman, Menpar Apresiasi Komitmen Tinggi Presiden Terhadap Pariwisata Arief Yahya (Menteri Pariwisata RI).

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Pariwisata Arief Yahya mendukung rencana Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk meningkatkan target wisatawan mancanegara (Wisman) tahun depan. Jokowi menargetkan 20 juta wisman di tahun 2019.

Arief mengatakan bahwa sudah sepantasnya seorang pemimpin untuk menentukan arah dan mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya.

"Itu menunjukkan komitmen yang tinggi dari Presiden Jokowi terhadap dunia Pariwisata. Tugas seorang CEO itu menentukan arah dan mengalokasikan sumber daya baik manusia (orang terhebat), maupun budgeting (anggaran). Karena itu di pariwisata ditempatkan orang-orang terhebar dan di support dengan anggaran, meskipun masih terbatas, tapi sedikit naik," terang Arief dalam keterangan tertulis, Rabu, 26 September 2018.

Sementara, sebagaimana dilansir dari detik.com, Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) mengaku siap mengawal pencapaian target tersebut. Bahkan, Ketua GIPI Didien Junaedi memuji Menpar Arief yang mendapat penghargaan The Best Ministry of Torism atau Best National Tourism Organization (NTO).

"Kemenpar sangat pantas mendapatkan penghargaan tersebut. Sudah 50 tahun saya bekerja di industri pariwisata, mengikuti perkembangan dari menteri ke menteri, dan dari presiden ke presidn, memang Arief Yahya seorang menteri yang menurut saya mempunyai komitmen. Berbeda dari pemimpin Kemenpar yang lain," kata Didien.

Dia juga memandang bahwa apa yang dikerjakan Menpar tidak mudah. Karena, tanggung jawabnya yang cukup besar mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara di tahun 2019.

Namun begitu, dirinya yakin Menpar Arief telah menyiapkan konsep dan strategi untuk mencapai target tersebut. Ditambah lagi, anggaran promosi Kemenpar masih dibawah Malaysia dan Thailand.

"Jangankan menteri, saya yang diluar kementerian saja otaknya harus berputar berkali-kali untuk menerima tantangan itu," imbuhnya. 

Tags : Menpar RI , Pariwisata , Indonesia , Wisman