Etalase Seni Budaya dalam Gelaran Tour de Singkarak 2018

| Selasa, 06/11/2018 20:19 WIB
Etalase Seni Budaya dalam Gelaran Tour de Singkarak 2018 Penampilan seni budaya Sumatera Barat saat pelepasan Tour de Singkarak di Smuatera Barat. (Foto: merdekacom)

BUKITTINGGI, RADARBANGSA.COM - Ada yang berbeda saat Tour de Singkarak (TdS) melewati Kota Wisata, Bukittinggi, Sumatera Barat. Penampilan budaya berhasil menghipnotis penonton dan pembalap.

"Inilah Sumatera Barat (Sumbar). TdS diubah menjadi etalase seni budaya. Sama kerennya dengan keindahan alamnya. Suguhan ini menjadi sebuah etalase bingkai besar pariwisata Sumbar," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 6 November 2018.

Suguhan budaya yang ditampilkan begitu aktraktif dan maksimal. Hentakan Gandang Tasa beitu seirama dengan gerakan para pesilat.

Begitu juga dengan sajian Tari Piring. Gemulai penari yang tampil begitu dinamis dan energik memanaskan suasana, terlebih ketika para penari tanpa rasa takut berjalan di atas pecahan piring.

Sementara, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan sensasi terbaik sengaja disuguhkan pada setiap pelaksanaan TdS. Suguhannya pun selalu beragam menonjolkan kekuatan Pariwisata Sumbar.

"Sebagai sebuah atraksi promosi pariwisata, TdS selalu kita dorong untuk menyajikan yang terbaik. Sehingga gaungnya makin mengangkat pariwisata Sumbar," jelasnya.

Selain itu, dampak positif penyelenggaraan TdS ini adalah meningkatnya infrastruktur, terutama jalan-jalan yang akan dilalui peserta balap sepeda menjadi terpelihara dan semakin mulus. Tak sampai disitu, ajang TdS juga mendorong munculnya destinasi wisata baru di Sumbar.

"Angka kunjungan wisatawan ke Sumbar meningkat setiap tahunnya. Menurut data BPS per Desember 2017 angka kunjungan wisman ke Sumbar naik 63,98 persen menjadi 8.586 orang, dari tahun sebelumnya yag hanya sebanyak 5.225 orang wisman. Ini salah satu bukti kebehasilan promosi dari TdS," pungkasnya.

Diketahui, untuk tahun ini TdS memasuki tahun pelaksanaan ke sepuluh tahun. Kejuaraan ini diikuti sebanyak 22 tim dengan total 122 pembalap dari 13 negara.

Kemudian, para peserta akan unjuk kekuatan dengan melintasi 15 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumbar. Adapun rute yang dilalui sepanjang 1.267 km untuk memperebutkan total hadiah sebesar Rp2,3 miliar. 

Tags : Tour de Singkarak , Sumatera Barat , Seni Budaya , Pariwisata

Berita Terkait