Menpora Sesalkan Perusakan Fasilitas Stadion Jakabaring

| Senin, 23/07/2018 22:46 WIB
Menpora Sesalkan Perusakan Fasilitas Stadion Jakabaring Stadion Jakabaring, Palembang dirusak oleh oknum suporter sebulan sebelum event Asian Games 2018 dimulai. (Foto: batamtodaycom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pembukaan Asian Games 2018 tinggal 27 hari lagi. Namun, masalah baru hadir berupa kerusakan ratusan kursi Stadion Gelora Sriwijaya atau yang lebih dikenal dengan Stadion Jakabaring, Palembang. 

Pemicunya tak lain adalah kerusuhan yang terjadi dalam laga Sriwijaya FC melawan Arema, Sabtu, 21 Juli 2018 sore WIB. Pertandingan pekan ke-17 Liga 1 2018 ini dimenangi `Singo Edan` dengan skor 3-0 lewat gol Ridwan Tawainela, Rivaldi Bawuo, dan Ahmad Nur Hardianto.

Usai pertandingan, pendukung Sriwijaya FC melontarkan kekecewaanya. Kursi-kursi stadion dicopot dan dilempar ke dalam lapangan. Ironis memang, mengingat ajang multievent Asian Games tinggal di depan mata.

Rusaknya Stadion Jakabaring, Palembang mendapat perhatian khusus dari Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi. Menpora meminta pelaku perusakan terhadap Stadion Jakabaring ditindak dengan tegas.

"Ini peringatan kepada siapa pun, jaga fasilitas negara. Karena itu dibangun dari uang rakyat. Tolong dijaga dan dirawat. ini sudah diwarning dari awal sebelumnya. Sebulan sebelum Asian Games tidak boleh ada kegiatan dalam rangka merawat dan menjaga," ucap Imam.

Selain itu, Imam juga berharap kepada para suporter Indonesia agar tak mengulangi kejadian serupa. Menurut Imam, sudah saatnya citra pendukung di Indonesia dikembalikan dengan perilaku yang baik saat mendukung timnya.

"Saya yakin suporter Indonesia sudah dewasa dalam multievent ini. Kalau toh ada, saya minta ada tindakan tegas dari negara atau dari aparat," kata Imam.

Diketahui, pada gelaran Asian Games nanti, Stadion Jakabaring diproyeksikan sebagai tempat pertandingan cabang olahraga sepak bola putri. Nomor ini berlangsung dari 14 Agustus sampai 1 September.

Stadion Jakabaring sudah mengalami renovasi. Susunan kursi menjadi single seat, sehingga kapasitas stadion tinggal 23.000. Dari jumlah tersebut, 4.196 di antaranya tribune VVIP dan VIP, 6.218 tribune barat, 6.524 tribune timur, 3.027 tribune utara, dan 3.035 tribune selatan.

Tags : Menpora RI , Asian Games 2018 , Stadion Jakabaring

Berita Terkait