Kylian Mbappe, Bocah Ajaib Prancis yang Punya Banyak Rekor

| Jum'at, 21/12/2018 21:31 WIB
Kylian Mbappe, Bocah Ajaib Prancis yang Punya Banyak Rekor Kylian Mbappe (Prancis). (Foto: fifacom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kylian Mbappe menjadi salah satu pemain muda Prancis yang bersinar saat ini. Penyerang Paris Sain Germain (PSG) yang baru merayakan ulang tahun ke-20 ini telah menorehkan sejumlah prestasi dan rekor untuk dirinya.

Gelar prestisius yang ditorehkannya yakni mengantar negaranya Prancis menjuarai Piala Dunia 2018. Kemudian, dua gelar juara Ligue 1 dengan dua klub berbeda, AS Monaco dan PSG.

Kopa Trophy melengkapi prestasinya ditahun ini. Tak hanya itu, Mbappe juga menjadi pemain termahal kedua yang dibeli PSG dengan nilai 180 juta Euro.

Bahkan, Opta pun menghimpun catatan-catatan impresif Mbappe sebagai salah satu pemain muda berprestasi saat ini. Berikut torehan Mbappe seperti dilansir dari bola.net, Jumat, 21 Desember 2018:

1. Mbappe sudah mencetak 63 gol di level klub pada semua kompetisi. Catatan tersebut hadir dari 122 penampilan, yang berarti rata-ratanya lebih dari satu gol di setiap pertandingan.

2. Pada April 2017, Mbappe jadi pemain pertama dalam sejarah yang mencetak gol di empat laga pertamanya pada fase gugur Liga Champions.

3. Tak ada pemain Les Bleus yang berhasil mencetak 10 gol untuk Prancis di usia yang lebih mudah dari Mbappe, yang juga membantu Prancis dengan empat golnya di Piala Dunia.

4. Dari 10 gol tersebut, sembilan di antaranya dicetak pada tahun 2018. Itu berarti Mbappe telah mencatatkan rekor yang sangat baik di level internasional dalam satu tahun kalender sejak Thierry Henry mencetak 11 gol pada 2003.

5. Pada musim pertamanya di AS Monaco, Mbappe mencatatkan lebih banyak assist (2) ketimbang gol (1) di 14 penampilan pada semua kompetisi.

6. Pada musim 2016/17, ketika Monaco menjuarai Ligue 1, Mbappe mencetak 26 gol pada 44 penampilan, dan membuat 11 assists.

7. Mbappe mungkin akan melewati catatan tersebut pada musim 2018/19 ini, dengan PSG yang tampaknya sudah hampir pasti meraih gelar juara Ligue 1. Dia sudah mencetak 15 gol dari 18 penampilan di semua kompetisi.

8. Sejak menjalani debutnya di Ligue 1, Mbappe sudah terlibat dalam 62 gol (41 gol, 21 assists), yang merupakan 36 lebih banyak daripada pemain lain kelahiran 1998 atau setelahnya di lima liga Top Eropa.

9. Gol Mbappe untuk PSG ke markas Red Star Belgrade di Liga Champions musim ini berarti dia adalah pemain termuda yang berhasil mencetak 13 gol di Liga Champions.

Tags : Kylian Mbappe , Rekor , Prancis , PSG

Berita Terkait