Tingkatkan Produksi Kopi RI, Kementan Ingin Lampaui Vietnam

| Senin, 12/03/2018 06:01 WIB
Tingkatkan Produksi Kopi RI, Kementan Ingin Lampaui Vietnam Biji Kopi. (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Pertanian berupaya untuk meningkatkan produksi Kopi Indonesia setiap tahunnya. Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyebut, saat ini Indonesia berada di urutan keempat sebagai penghasil kopi terbesar di dunia yang tadinya berada di posisi ketiga.

"Sekarang Indonesia urutan keempat (produsen kopi), dulunya ketiga. Kalau bisa kembali ke urutan ketiga. Kuncinya kelembagaannya diperbaiki, kemudian akses perbankannya diperbaiki, produktivitas kita tingkatkan," ujar Amran di Tangerang, Minggu, 11 Maret 2018.

Menteri Amran menjelaskan, untuk merealisasikan target tersebut, pihaknya akan melakukan pertemuan dengan 41 pengusaha kopi yang akan membahas soal akses perbankan, penyederhanaan rantai pasokan, hingga penyediaan 11 juta bibit kopi untuk tahun ini.

"Nanti kami panggil (pengusaha kopi) dan langsung MoU dengan perbankan. (Dibahas) Apa masalahnya pertama rantai pasokannya, akses perbankannya, biaya untuk petani kemudian pendampingan, bibit unggul," ujarnya seperti dikutip detik.com.

Tahun lalu, ungkap Mentan, Indonesia telah menghasilkan kopi sebanyak 700 ribuan ton dengan penghasilan 0,7 ton per hektare. Jumlah itu, lanjutnya, masih kalah dibandingkan dengan Vietnam yang sanggup menghasilkan 3 hingga 4 ton per hektare-nya.

Perlu diketahui bahwa dengan jumlah lahan Indonesia yang sama dengan Brasil yakni 1,7 juta hektare, dan jika tingkat produksi setara Vietnam, maka Indonesia bisa jadi negara penghasil kopi terbesar di dunia.

"Dulu Vietnam berguru di Indonesia, mereka sekarang produksinya 3-4 ton per hektare, kita masih 0,7 ton per hektare. Kalau ini kita angkat, sudah cukup. Karena luasan lahan kita sama dengan Brasil 1,7 juta hektare. Kalau diangkat 3 ton per hektare hingga bisa 6 ton, bisa menjadi nomor satu di dunia. Itu mimpi besar kita," pungkas Amran.

Tags : Kementan RI , Produksi Kopi , Indonesia

Berita Terkait