Balai Baturraden Siap Distribusikan Sapi Perah

| Kamis, 22/03/2018 18:30 WIB
Balai Baturraden Siap Distribusikan Sapi Perah Ilustrasi Sapi Perah

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BBPTU-HPT) Baturraden, di Purwokerto, Jawa Tengah tengah mempersiakan untuk mendistribusikan sekira 2.300 sapi perah ke berbagai daerah di Indonesia, terutama Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DIY dan Kalimantan Barat.

Kepala Bagian Umum BBPTU-HPT, Sujatmiko mengungkapkan bahwa program tersebut merupakan Program andalan Kementerian Pertanian yang sudah berjalan dua tahun lalu yakni Sapi Indukan Wajib Bunting (SIWAB) juga dijalankan oleh Balai.

"Dengan populasi tersebut Balai ini bisa memproduksi bibit ternak, kurang lebih 500 ekor dalam satu tahun. Bibit Ternak itu kemudian kita distribusi kepada masyarakat baik melalui penjualan maupun hibah sebagaimana instruksi Bapak Menteri Pertanian," kata Sujatmiko, seperti dilansir pertanian.go.id, Kamis 22 Maret 2018.

Bahkan lanjut, Sujatmiko, balai juga menginisiasi bank pakan di beberapa kabupaten. Hal itu sebagai percontohan pengembangan teknologi bahan pakan dari limbah pertanian menjadi pakan yang layak untuk ternak.

"Sudah Ada 5 kabupaten yang sudah kita rintis. Ada respon positif dari masyarakat, mereka sudah mulai mandiri," jelasnya.

Tags : Sapi Perah , Kementan ,

Berita Terkait