Lewat Program `Superstar`, Gus Ipul Ingin Perempuan Berdaya lewat UMKM

| Senin, 26/03/2018 22:05 WIB
Lewat Program `Superstar`, Gus Ipul Ingin Perempuan Berdaya lewat UMKM Saifullah Yusuf (Calon Gubernur Jawa Timur). (Foto: Achmad Faizal)

SUMENEP, RADARBANGSA.COM - Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul terus berupaya untuk memajukan UMKM. Salah satunya adalah dengan mendorong peran perempuan dalam memajukan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Industri batik di Jatim merupakan sesuatu yang prospek. Kami ingin kaum perempuan berdaya melalui UMKM yang salah satunya adalah industri batik tulis," kata Gus Ipul seperti dikutip antaranews.com, Senin, 26 Maret 2018.

Saat berkunjung ke Sumenep, Gus Ipul mengunjungi Sentra Batik tulis di desa Pakandangan Barat, kecamatan Bluto. Ia pun mengapresiasi pengusaha batik disana yang melibatkan perempuan dalam pengembangan usahanya.

Untuk itu, Gus Ipul berkeyakinan jika terpilih sebagai Gubernur nantinya akan lebih memaksimalkan peran kaum perempuan dalam membantu perekonomian keluarga melalui UMKM. Cagub Jatim nomor urut 2 itu telah menyusun suatu program yang diberi nama "Superstar".

Superstar merupakan kepanjangan dari Sentra UMKM dan pemberdayaan Start Up. Nantinya, jelas Gus Ipul, melalui Superstar, sentra UMKM akan dikembangkan dengan inti plasma yang terintegrasi dengan kluster industri pengolahan.

"Kami akan memperbanyak pendampingan kepada pelakunsektor UMKM terutama yang berbasis perempuan. Selain pelatihan tenaga kerja, kami juga akan siapkan bantuan modal dan fasilitasi pemasaran melalui Digital Marketing," pungkasnya.

Tags : UMKM , Gus Ipul , Jawa Timur , Superstar