Pemerintah Terus Perbaiki Kebijakan Hasil Pertanian

| Kamis, 05/04/2018 17:26 WIB
Pemerintah Terus Perbaiki Kebijakan Hasil Pertanian Direktur Bina Produktivitas Kemnaker Muhammad Zuhri (foto: kemnaker.go.id)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Dalam acara International Conference on Cold Chain and Logistics Management for Agri-food Products in Indonesia, Direktur Bina Produktivitas Kemnaker Muhammad Zuhri mengungkapkan bahwa pemerintah terus meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam mengelola hasil pertanian.

Menurut Zuhri, meski masyarakat agraris dan negara penghasil produk-produk pertanian berlimpah dengan beragam buah dan sayur-mayur, namun keberlimpahan SDA itu belum dikelola secara baik.

"The UN Food and Agriculture Organization memprediksi 1/3 dari hasil pertanian atau sekitar 1,3 miliar ton terbuang percuma akibat salah penanganan pasca panen. Secara ekonomi ini mengakibatkan kerugian cukup parah " kata Zuhri dilansir kemnaker.go.id, Rabu 4 April 2018.

Zuhri menuturkan bahwa pendapatan petani berkurang karena beberapa produk pertanian yang rusak tidak bisa dijual, "Belum lagi hal-hal penyebab kerusakan yang signifikan bagi lingkungan dan SDA, " tuturnya.

Peningkatan produktivitas kategori lapangan usaha seperti pertanian, kehutanan dan perikanan, lanjutnya, merupakan dampak positif dari perbaikan regulasi dan kebijakan pemerintah di sektor pertanian, perbaikan infrastruktur sektor pertanian, penyimpanan, cooling dan marketing hasil-hasil pertanian.

 

 

 

 

 

 

Tags : Pertanian , Kemnaker ,