Pasar Amerika Serikat dan Kanada Target Utama Pemasaran Kopi Indonesia

| Jum'at, 06/04/2018 22:15 WIB
Pasar Amerika Serikat dan Kanada Target Utama Pemasaran Kopi Indonesia Kopi Indonesia. (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Joshua Puji Mulia Simanjuntak selaku Deputi Pemasaran Bekraf mengatakan, brand kopi Indonesia telah melakukan diskusi dan hasilnya ada satu ide kerja sama dengan dua brand lokal kopi di luar negeri. Tahun ini diharapkan Indonesia bisa mulai memperkenalkan kopi asal Indonesia dengan nama Kopi Indonesia dan kemudian dilanjutkan dengan varian kopi daerahnya (single origin), seperti Kopi Indonesia Bali Kintamani, bukan hanya kopi Bali Kintamani saja.

"Hasil diskusi kita cocok dengan satu ide yaitu sister coffee. Brand kopi Indonesia akan bermitra dengan brand coffee shop di luar negeri, salah satu terobosan untuk menyiasati validasi yang lumayan mahal dan berisiko, dengan adanya kerja sama ini kita bisa mendapatkan feedback, dengan seperti itu kita bisa menstrategikan pemasaran kopi Indonesia," ungkap Joshua dalam acara Konferensi Pers "Roadshow Promosi Brand Kopi Indonesia dalam Rangka Pengembangan Pasar Luar Negeri", di salah satu kafe di Jl. KH. Wahid Hasyim, Jakarta, Jumat, 6 April 2018.

Untuk pemilihan Amerika Serikat sebagai tempat diadakannya roadshow dan pembukaan kedai kopi Indonesia ada alasan tersendiri. Kasmito, pihak dari Asosiasi Kopi Spesial Indonesia yang juga terlibat dalam roadshow yang dilakukan menjelaskan alasan tersebut.

"Amerika merupakan pengkonsumsi kopi kelas dunia. Jadi mereka berhak tentukan kualitas kopi yang masuk, kopi apa yang akan mereka beli dan kualitasnya," ucapnya.

Kasmito menambahkan, Indonesia sebagai penghasil kopi nomor empat dunia tentu tidak semua hasil panennya dipakai sendiri. Pasalnya, sebagian kopi diekspor ke luar negeri terutama jenis kopi arabica yang diekspor dominan ke Amerika Serikat.

"Untuk itu, kita kali ini tetapkan Amerika sebagai tempat roadshow kopi Indonesia," pungkasnya.

Tags : Kopi Indonesia , Amerika Serikat

Berita Terkait