Kementan bagikan 15 Ribu Sapi Indukan Pada 10 Pemda

| Sabtu, 14/07/2018 16:30 WIB
Kementan bagikan 15 Ribu Sapi Indukan Pada 10 Pemda Sapi indukan dari Australia telah datang secara bertahap dari Australia. (Foto: kabarbisniscom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Pertanian (Kementan) pada tahun ini melakukan impor 15 ribu ekor indukan sapi dari negara tetangga, Australia. Sapi impor tersebut telah datang secara bertahap mulai bulan Juni 2018 lalu.

Menurut Menteri Pertanian Amran Sulaiman, impor itu dilakukan agar Indonesia dapat mengekspor sapi di 2026. Caranya, indukan sapi itu dihibahkan ke pemerintah daerah (Pemda) yang berkomitmen mengembangkan ternak.

“Kita serahkan ke pemerintah daerah yang punya komitmen pengembangan ternak,” ujarnya seperti dikutip dari kumparan.com, Sabtu, 14 Juli 2018.

Amran menjelaskan, Kementan telah menunjuk 10 Pemda yang akan mendapatkan hibah indukan sapi tersebut. Dia menyebut, saat ini sapi yang diserahkan ke salah satu pemda di Kalimantan sudah ada yang melahirkan.

“Kalau tidak salah untuk 10 daerah yang siap mengembang-biakkan, saya tidak hafal daerahnya. Yang di Kalimantan sudah melahirkan,” tuturnya.

Dia beralasan, impor sapi indukan asal Australia ini dilakukan untuk menambah jumlah populasi sapi di dalam negeri. Menurut Amran, stok sapi indukan di Indonesia sangat minim, kebanyakan sapi pejantan.

“Kebijakan baru, itu menambah jumlah sapi. Dulu jantan semua untuk dipotong, sekarang menambah populasi. Cepat nanti nambahnya,” ucapnya.

Untuk mendorong peningkatan produktivitas daging sapi, Kementan memang tengah berupaya keras untuk meningkatkan jumlah populasi sapi dengan program Sapi Indukan Wajib Bunting (SIWAB). Setiap tahun Kementan mengawinkan 3-4 juta ekor sapi.

Hasilnya, angka kelahiran sapi diklaim naik signifikan. Dari catatan Amran, angka kelahiran sapi selama 4 tahun terakhir adalah 4 juta ekor, dan secara rata-rata tahunan jumlah angka kelahiran sapi mencapai 1 juta ekor. Angka ini lebih tinggi dari periode sebelum 2014 di mana rata-rata angka kelahiran sapi hanya 180 ribu ekor per tahun.

Tags : Kementan RI , Sapi Indukan