Ekspor Semen Indonesia ke 8 Negara Terus Meningkat

| Kamis, 19/07/2018 22:11 WIB
Ekspor Semen Indonesia ke 8 Negara Terus Meningkat Aktifitas Ekspor Semen RI selama Semester I meningkat dari tahun sebelumnya. (Foto: bisniscom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Asosiasi Semen Indonesia (ASI) mencatat, ekspor semen pada semester I 2018 mencapai 3,26 juta ton. Jumlah tersebut meningkat 8,5 persen dibandingkan pencapaian ekspor di tahun sebelumnya yang hanya 3,01 juta ton.

Senior Advisor ASI, Ery Susanto Indrawan menyampaikan, target ekspor semen pada tahun ini mencapai 5 juta ton. Menengok pencapaian yang baik di semester I 2018 tersebut, dia optimistis target tersebut akan terpenuhi. 

“Semester I 2018 ini kita sudah sampai 3,2 juta ton. Artinya kita optimistis sampai akhir tahun bisa 5 juta ton,” katanya seperti dikutip dari kumparan.com, Kamis, 19 Juli 2018.

Dia menjelaskan, ekspor semen pada tahun ini dikirim ke 8 negara, mulai dari Australia, Bangladesh, hingga Filipina. Adapun langkah ekspor itu diambil karena stok semen yang ada di Indonesia melebihi kebutuhan.

“Karena kapasitas produksi kita berlebih. Dua tahun terakhir ini kita mulai mencoba penetrasi ke pasar ekspor,” ucap Ery.

Dia membeberkan, kapasitas terpasang pabrik semen saat ini mencapai 106 juta ton. Sementara kebutuhan dalam negeri pada tahun ini sekitar 70 juta ton, naik sekitar 5% dibandingkan kebutuhan di 2017 sebesar 67 juta ton.

“Growth kita masih di kisaran 5%, kita proyeksikan sekitar 70 juta ton. Kan demand domestik kita tahun lalu hampir 67 juta ton,” katanya. 

Tags : Ekspor Indonesia , Semen RI

Berita Terkait