Kementerian Pertanian Genjot Ekspor Tanaman Hias

| Kamis, 02/08/2018 23:11 WIB
Kementerian Pertanian Genjot Ekspor Tanaman Hias Bunga Tillandsia. (Foto: jitunewscom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Pertanian berupaya menggenjot ekspor dari komoditas tanaman hias ke berbagai negara. Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Holtikultura Kementerian Pertanian, Suwandi saat mengunjungi PT. Florion, perusahaan budidaya sekaligus eksportir tanaman hias di Bogor, Kamis, 2 Agustus 2018. 

"Sesuai arahan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mendulang dolar, di tahun 2018 ini kami fokus tingkatkan volume ekspor. salah satunya ekspor tanaman hias yang memiliki daya saing tinggi di Pasar dunia," kata Suwandi dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 2 Agustus 2018.

Dia menjelaskan, Indonesia kaya akan komoditas tanaman hias yang terdapat 173 jenis dengan ribuan jenis varietas. Suwandi mencontohkan bunga Tillandsia yang memiliki 17 varietas.

"Berbagai komoditas tanaman hias diproduksi di Bogor dan di ekspor ke berbagai negara Eropa. Dari sini saja sudah nyata meningkatkan nilai tambah devisa sekaligus meraup dolar," tuturnya.

Suwandi mengungkapkan, salah satu upaya Kementan untuk meningkatkan volume ekspor tanaman hias yakni mendorong investasi dan mempermudah proses pelayanan izin pengeluaran ekspor. Caranya, lanjut dia, melalui digitalisasi secara online.

"Izin ekspor tanaman hias diproses oleh kementan. Kami menjamin prosesnya cepat secara online. Apabila memenuhi syarat, kementan se segera mungkin keluarkan izin pengeluaran ekspor. Jadi, kami benar-benar mempermudah segara proses selama syarat-syaratnya sudah dipenuhi," imbuhnya. 

Tags : Kementan RI , Ekspor , Tanaman Hias

Berita Terkait