Sah! 51,2% Saham Freeport Resmi Milik Indonesia

| Kamis, 27/09/2018 18:48 WIB
Sah! 51,2% Saham Freeport Resmi Milik Indonesia PT Freeport Indonesia. (Foto: tribunnewscom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Indonesia resmi memiliki saham Freeport sebesar 51,2%. Hal itu setelah PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum telah meneken Sales and Purchase Agreement (SPA) dengan Freeport McMoran Inc. dan Rio Tinto.

Adapun penandatanganan dilakukan oleh Dirut Inalum Budi Gunadi Sadikin dan CEO Freeport McMoran Richard Adkerson. Langkah ini merupakan lanjutan dari penekenan pokok-pokok perjanjian (Head Agreement/HoA) antara Pemerintah dengan perusahaan berbasis di Amerika Serikat, Freeport-McMoran Inc (FCX) yang dilakukan pada 12 Agustus 2018 silam.

Acara penandatanganan ini yang dilangsungkan di kantor Kementerian ESDM, Kamis, 27 September 2018 dihadiri oleh Menteri ESDM Ignatius Jonan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri BUMN Rini Soemarno hingga Direktur Utama Inalum Budi Gunadi Sadikin. Menteri ESDM pun mengucapkan terima kasih karena telah melaksanakan perjanjian tersebut.

"Saya mengucapkan selamat kepada Inalum dan Rio Tinto dan Freeport yang sudah melaksanakan perjanjian SPA. HoA untuk memenuhi persyaratan kedua belah pihak atau ketiga belah pihak untuk jual beli saham," kata Jonan dalam sambutannya.

Selain itu, Direktur Eksekutif Freeport Indonesia Tony Wenas, Dirjen Minerba Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono, Kepala BPKP Ardan Adiperdana, Deputi Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno. 

Tags : Freeport , Inalum , Kementerian ESDM , Indonesia

Berita Terkait