Tingkatkan Daya Ekspor Indonesia, Mendag Bertemu Duta Besar Mesir

| Jum'at, 26/10/2018 06:02 WIB
Tingkatkan Daya Ekspor Indonesia, Mendag Bertemu Duta Besar Mesir Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita (foto: victorynews.id)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengadakan pertemuan dengan Duta Besar Arab Mesir. Pertemuan itu berlangsung saat gelaran Trade expo Indonesia (TEI) 2018 di ICE BSD Tangerang, Banten, Kamis, 25 Oktober 2018.

Mendag menyebut pertemuan itu menjadi momentum Indonesia untuk kian gencar menjalin kerja sama dagang dengan negara lain, salah satunya Mesir. pertemuan itu juga dihadiri oleh para pengusaha yang menjadi eksportir Indonesia seperti Kopi, ban, dan palawija. Enggar mengatakan bahwa pertemuan tersebut menjadi peluang untuk memperbesar ekspor Indonesia di kawasan tersebut.

"Kalau kita lihat potensi pasarnya di Egypt (Mesir) itu besar sekali, bukan hanya di egypt saja tapi kemudian dia sebagai hub masuk Afrika dan Timur Tengah. Itulah yang selalu diingatkan oleh Pak Jokowi mengenai buka pasar baru, buka pasar baru, jangan hanya tergantung pasar tradisional," kata Mendag usai pembicaraan kerja sama.

Enggar mengungkapkan, meski nilai ekspor yang selama ini terjalin dengan Mesir relatif kecil yaitu USD 2 miliar, namun pihaknya yakin negara tersebut bisa jadi pasar yang potensial di masa mendatang.

Kita harap kita selesaikan dalam tahun depan dan di awal tahun. Saya akan lakukan kunjungan paling lama tahun depan. Kunjungan ke Egypt kami usulkan mulai dengan PTA (Prefential Trade Agreement) seperti halnya kita dengan Chili, dengan Tunisia, Mozambik dan Maroko," jelasnya.

Ia pun optimis, ke depan setelah kerja sama ini Mendag menyebut target Ekspor bisa meningkat hingga dua kali lipat. "paling tidak 2020 lah paling tidak, double," tegasnya. 

Tags : TEI , Mendag RI , Ekspor , Indonesia , Mesir

Berita Terkait