Menteri Eko Minta Pemda Bengkulu Arahkan Dana Desa ke BUMDes

| Senin, 19/11/2018 09:30 WIB
Menteri Eko Minta Pemda Bengkulu Arahkan Dana Desa ke BUMDes Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo (foto: kemendesa.go.id)

BENGKULU, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo meminta Gubernur dan para Bupati Bengkulu untuk mengarahkan program dana desa ke pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Menurut Eko Sandjojo, BUMDes akan membantu mempercepat pengembangan dan kemandirian ekonomi di masyarakat, khususnya Bengkulu. Bahkan hingga kini, sudan banyak desa yang membayar pajaknya melebihi dana desanya.

 "Pemda (Pemerintah Daerah) saya sarankan agar mengarahkan kepala desa supaya dana desa-nya mulai diberdayakan untuk ekonomi desanya, untuk BUMDes. Karena sudah banyak desa yang membayar pajaknya saja sudah lebih besar dari dana desanya," kata Mendes PDTT Eko Sandjojo dilansir kemendesgoid, Sabtu 17 November 2018, kemarin.

Selain itu, Menteri Eko juga menyarankan kepada seluruh BUMDes yang terbentuk untuk menjadi cabang dari bank-bank BUMN. Hal ini dapat membantu masyarakat atas keterbatasan jangkauan bank di perdesaan.

 "Jadi masyarakat kalau mau ke bank tidak perlu lagi ke kota. Cukup datang ke BUMDes-nya yang sudah bekerja sama dengan bank BUMN seperti BRI atau BNI," tambahnya.

 

Tags : Menteri Eko Sandjojo , Dana Desa , BUMDes ,

Berita Terkait