Wamenkeu: BPD Memiliki Peran Strategis dalam Pembangunan Daerah

| Selasa, 15/01/2019 18:24 WIB
Wamenkeu: BPD Memiliki Peran Strategis dalam Pembangunan Daerah Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo (keempat dari kanan), foto: Faiz (kemenkeugoid)

MEDAN, RADARBANGSA.COM - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo mengatakan, Bank Pemerintah Daerah (BPD) memiliki peran strategis dalam pembangunan daerah. 

"BPD memiliki peran sebagai strategic partner pemerintah sekaligus motor percepatan pembangunan daerah," kata Wamenkeu, Mardiasmo di Hotel Adi Mulia, Medan, Selasa 15 Januari 2019.

Mardiasmo berharap, perbankan daerah dapat mendorong inklusi ekonomi ke seluruh lapisan masyarakat. Ia mengibaratkan, perekonomian nasional sebagai sebuah mesin yang digerakkan oleh sebuah `gear` yang bergerak secara sinergis pada momentum yang tepat.

"Kombinasi `gear` tersebut adalah Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan semua sektor perekonomian baik sektor primer, sekunder maupun tersier," jelasnya.

Dilansir kemenkeugoid, menurut Mardiasmo bahwa perbankan merupakan salah satu agent of development yang mengalirkan dan memberdayakan uang sebagai penggerak ekonomi dan pembangunan.

Maka dari itu, Mardiasmo berharap sektor perbankan harus selalu dalam kondisi yang kokoh dan tahan goncangan dalam menghadapi tekanan dan ketidakpastian. 

Tags : Bank Daerah , Pembangunan ,

Berita Terkait