4 Ruas Tol Trans Sumatera Siap Beroperasi Tahun Ini

| Senin, 04/03/2019 06:49 WIB
4 Ruas Tol Trans Sumatera Siap Beroperasi Tahun Ini Salah satu ruas tol Trans Sumatera (dok inapexcoid)

PALEMBANG, RADARBANGSA.COM - Sebanyak empat ruas Jalan Tol Trans Sumatera siap diresmikan dan beroperasi pada pertengahan tahun 2019 ini. Kepastian itu disampaikan oleh Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit, Kamis 29 Februari 2019.

Dalam siara pers PUPR, Danang juga menjelaskan empat ruas tol yang ia maksud, yaitu ruas Bakauheni-Terbanggi Besr (Bakter) 140,93 km, Medan-Binjai (Segmen Helvetia-Veteran) 2,75 km, Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi 9,1 km, dan Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung 289,2 km.

Ia mengonfirmasi, dua di antara ruas tol yang disebutnya tadi telah mengantongi Sertifikasi Laik Operasi. “Yaitu Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar dan Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi,” imbuhnya.

Sementara dua ruas tol lagi, lanjutnya, saat ini masih dalam tahap proses penerbitan Sertifikasi Laik Operasi oleh Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR.

Diketahui, pemerintah saat ini tengah berusaha merampungkan target Jalan Tol Trans Sumatera yang memiliki panjang hampir 2.000 km.

“Jika melihat capaian selama empat tahun terakhir, maka Tol Trans Sumatera dari Bakauheni sampai Banda Aceh dengan panjang sekitar 2.000 km akan tersambung secara bertahap hingga 2024,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu.

Tags : PUPR Trans Sumatera , Jalan Tol

Berita Terkait