Perdana! Sulawesi Tenggara Ekspor 80 Ton Kakao ke Belanda

| Senin, 11/03/2019 20:23 WIB
Perdana! Sulawesi Tenggara Ekspor 80 Ton Kakao ke Belanda Biji buah Kakao. (Foto: kumparancom)

KENDARI, RADARBANGSA.COM - Provinsi Sulawesi Tenggara untuk pertama kalinya sukses mengekspor komoditas pertanian mereka. Sebanyak 80 ton Kakao milik PT Kalla Kakao Industri diekspor melalui Pelabuhan New Port Bungkutoko Kendari, Senin, 11 Maret 2019.

Ekspor perdana yang menjadi tujuan adalah negara Belanda. Selain itu Sultra juga mengekspor Ikan Tuna dan Gurita sebanyak 36.900 Kg ke Amerika Serikat melalui PT Sultra Tuna Mandiri.

Capaian tersebut diapresiasi oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi. Pasalnya, selama ini Provinsi Sultra belum pernah melakukan ekspor langsung ke negara-negara tertentu.

"Saya sangat mengapresiasi khususnya kepada kedua perusahaan yang mau memperhatikan komoditas andalan kita dari pertanian dan perikanan," kata Ali Mazi dikutip dari detik.com, Senin, 11 Maret 2019.

Dia menuturkan, ekspor perdana yang telah dilakukan hari ini menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Sebab, tangan-tangan lokal sudah bisa memproduksi hasil dari sumber daya alam (SDA) untuk dipasarkan ke luar negeri.

Ali juga mendorong para pelaku usaha untuk melakukan ekspor dengan menggalakkan `Ayo Galakkan Ekspor (AGRO)` Gemilang 2019. Ia berharap ke depannya para pelaku usaha semakin berkembang dan kreatif. 

Tags : Sulawesi Tenggara , Kakao , Ekspor , Belanda

Berita Terkait