Kemnaker Ingatkan Perusahaan Segera Lapor Ketenagakerjaan Online

| Jum'at, 05/04/2019 18:01 WIB
Kemnaker Ingatkan Perusahaan Segera Lapor Ketenagakerjaan Online Sugeng Priyanto (Dirjen Binwasnaker dan K3). (Foto: twitter @KemnakerRI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Binwasnaker dan K3), Sugeng Priyanto menekankan pentingnya Wajib Lapor Ketenagakerjaan (WLK) secara online. Hal itu disampaikannya dalam Rakornas Pengawasan Ketenagakerjaan 2019 di Jakarta, Kamis, 4 April 2019 malam.

Dalam sambutannya dikatakan, bahwa percepatan pelaksanaan WLK online dibutuhkan karena WLK yang menampilkan data mendasar identitas ketenagakerjaan di perusahaan dan menjadi obyek awal ketenagakerjaan, hingga saat ini belum menunjukkan hasil sesuai harapan.

"Jumlah perusahaan yang menyampaikan WLK online masih sangat sedikit. Oleh karen itu kita mengingatkan agar perusahaan-perusahaan segera melakukan WLK secara online," kata Sugeng dalam keterangan tertulis, Jumat, 5 April 2019.

Menurutnya, ke depan dengan adanya kewajiban WLK Online maka pelaporan WLK secara manual tidak akan dapat dilakukan. Hal ini seiring dengan kebijakan pemerintah yang menginginkan agar seluruh layanan publik akan diintegrasikan dengan teknologi single sign on (SSO).

Teknologi SSO ini yang memungkinkan pengguna jaringan dapat mengakses sumber daya dalam jaringan hanya dengan satu akun pengguna saja. "Termasuk WLK secara online yang harus dilakukan perusahaan," terangnya.

Untuk itu, ia berharap pengawas ketenagakerjaan sebagai garda terdepan di penegakan hukum di bidang ketenagakerjaan berani melakukan perubahan menuju trust based culture.

"Pengawasan ketenagakerjaan harus meninggalkan metode konvensional dan merubah menggunakan metode lebih modern, memberi dampak positif kepada masyarakat dan mampu menjadi figur penegak hukum ketenagakerjaan yang profesional, independen, dan berintegritas," ujarnya.

Diketahui, acara ini dihadiri 600 peserta dari Kadisnaker provinsi, Kabid Pengawasan ketenagakerjaan dan pejabat struktural di Ditjen Binwasnaker K3, serta pejabat fungsional pengawas ketenagakerjaan pusat dan daerah.

Rakornas Binwasnaker K3 2019 juga dihadiri oleh Staf Ahli menaker Irianto Simbolon, Sekjen Khairul Anwar, Plt Irjen Estiarty Haryani, Direktur ILO Jakarta dan Timor Leste, Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan, dan para pejabat tinggi pratama di lingkungan Binwasnaker K3. 

Tags : Kemnaker , Dirjen Binwasnaker K3 , WLK online