Majukan Indonesia, Pemerintah Dorong Terbentuknya Desa Wisata

| Kamis, 15/08/2019 19:43 WIB
Majukan Indonesia, Pemerintah Dorong Terbentuknya Desa Wisata Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo (foto: kemendesa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pemerintah mendorong terbentuknya desa wisata di Indonesia. Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo menyakini desa wisata akan memberikan dampak bagi kemajuan Indonesia ke depan.

“Dari pengalaman selama 4 tahun ini, ternyata desa wisata itu mampu memberikan pendapatan yang besar,” kata Menteri Eko Sandjojo dikutip dari laman kemendesagoid, Kamis 15 Agustus 2019.

Menurut Eko Sandjojo, membangun desa wisata itu sebenarnya sederhana dengan menggali potensi yang ada diwilayah desa tersebut untuk dapat menghadirkan daya tarik bagi pengunjung. Lalu, buat event dan kompetisi atau lomba agar semakin banyak pengunjung yang datang.

"Ada salah satu desa di Gorontalo. ada sebuah desa yang kalau diliat sangat minim infrastrukturnya. Akses jalannya becek, namun desa itu menjadikan kekuatan untuk memiliki daya tarik dengan memanfaatkan potensi yang ada dengan membuat agar pengungunjung bisa tertarik menikmati petualangan dengan naik mobil off road,” jelas Eko.

Oleh karena itu, Pemerintah pusat melalui sejumlah kementerian terkait seperti Kemendes PDTT, Kementerian Pariwisata, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjan Umum dan Perumahan Rakyat dan sejumlah kementerian terkait lainnya mendorong terbentuknya desa-desa wisata dan turut membantu mengembangkan desa-desa wisata tersebut.

Tags : Desa Wisata , Dana Desa ,