Menteri Eko Sandjojo: Sektor Pariwisata Bantu Kembangkan UKM dan Produk Unggulan Desa

| Minggu, 01/09/2019 19:30 WIB
Menteri Eko Sandjojo: Sektor Pariwisata Bantu Kembangkan UKM dan Produk Unggulan Desa Menteri Eko Sandjojo (kanan) saat melihat pameran produk UKM di Jakarta (foto: kemendesa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo mengatakan, sektor pariwisata membantu pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) dan produk unggulan desa.

"BUMDes yang bergerak di pariwisata banyak yang telah menghasilkan penghasilan lebih besar dari dana desa. Bahkan ada yang pajaknya saja lebih besar dari dana desa yang didapat," kata Menteri Eko Sandjojo di Jakarta, beberapa hari lalu.

Untuk itu, Menteri Eko Sandjojo mendorong desa yang memiliki potensi untuk mengembangkan sektor pariwisata melalui BUMDes, “Desa wisata dapat dikembangkan menggunakan anggaran dana desa,” jelasnya.

Politisi PKB itu menuturkan, salah satu fokus penggunaan dana desa ke depan adalah untuk pengembangan ekonomi. Ia berharap, desa wisata dapat menarik perhatian banyak turis sehingga aktifitas ekonomi perdesaan meningkat.

"Desa wisata yang dibangun nanti akan mengundang banyak turis yang datang. Turis yang datang ini kan butuh minum, butuh makanan, souvenir. Dengan begitu produk-produk lokal dan UKM akan terbantu pemasarannya," ujarnya.

Tags : Dana Desa , Mendes PDTT Eko Sandjojo , SDM ,

Berita Terkait