Atasi Masalah Sampah, Kemenkeu Beri Insentif Fiskal ke Pemda

| Sabtu, 12/10/2019 09:28 WIB
Atasi Masalah Sampah, Kemenkeu Beri Insentif Fiskal ke Pemda Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati (Foto setkabgoid)

TANGERANG, RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan bahwa Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memberikan insentif fiskal dalam pengelolaan sampah.

Hal ini disampaikannya dalam acara "Kemenkeu Bersih Pantai" di Pantai Tanjung Pasir, Neglasari Tangerang pada Jumat, 11 Oktober 2019. Acara ini merupakan pra acara menuju peringatan hari Oeang yang diselenggarakan tiap tanggal 30 Oktober.

Menurut Sri, Kemenkeu mencoba merespons ragam permasalahan sampah melalui kebijakan fiskal dengan memberikan insentif kepada pemda maupun kementerian/lembaga. Misalnya lewat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral yang mengelola sampah menjadi energi.

"Kami berharap agar DPR bisa segera menyetujui (kebijakan dan anggaran) agar kami bisa menggunakan instrumen cukai untuk mengurangi sampah plastik. Ini merupakan salah satu alat fiskal yang akan kita lakukan," kata Sri.

Selain otu, lanjutnya, Kemenkeu juga menggunakan instrumen pembiayaan untuk bisa mendukung agar Indonesia makin lama makin menyadari bahwa kita harus peduli dan memelihari alam kita sendiri.

"Karena ini adalah bagian dari survavibility (kemampuan untuk bertahan hidup)", jelasnya.

Sebelumnya, Menkeu meresmikan Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH). BPDLH akan menjadi pengelola dana-dana terkait bidang kehutanan, energi dan sumber daya mineral, perdagangan karbon, jasa lingkungan, industri, transportasi, pertanian, kelautan dan perikanan, dan bidang lainnya terkait lingkungan hidup

Tags : Sei Mulyani , Insentif Fiskal , Sampah

Berita Terkait