Abdul Wahid: Pemda Riau Harus Gencar Kembangkan Sektor Ekonomi Kreatif

| Jum'at, 18/10/2019 15:43 WIB
Abdul Wahid: Pemda Riau Harus Gencar Kembangkan Sektor Ekonomi Kreatif Anggota DPR RI Fraksi PKB Abdul Wahid (foto: Istimewa)

PEKANBARU, RADARBANGSA.COM - Anggota DPR RI, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Wahid meminta pemerintah Daerah Provinsi Riau untuk melakukan terobosan untuk pengembangan industri ekonomi kreatif di Riau.

“Riau memang kaya akan sumber daya alam seperti minyak dan gas. Namun kita tidak bisa mengandalkan keduanya di masa depan. Sektor ekonomi kreatif harus mampu dikembangkan,” kata Abdul Wahid di Jakarta, Jumat, 18 Agustus 2019.

Ketua DPW PKB Riau ini meminta pemerintah agar terus memberikan pelatihan kepada para pelaku ekonomi kreatif. Sehingga mereka mampu meningkatkan dan mengembangkan produknya.

“Pemerintah harus mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif di Riau khususnya agar mereka mampu bersaing di kancah nasional dan internasional,” tegasnya.

Riau, lanjutnya, punya berbagai potensi ekonomi kreatif. Salah satunya adalah kuliner. Wisata kuliner saat ini sangat digemari oleh semua kalangan termasuk generasi milennial.

“Wisata kuliner harus terus didukung dan dikembangkan baik dari segi permodalan maupun lainnya. Bahkan, tempatnya pun harus didesain yang disukai milennial (Instagramable),” katanya.

Untuk diketahui, sektor ekonomi kreatif secara nasional telah menyumbang Rp990 triliun dan menyerap tenaga kerja sebanyak 17 ,4 persen pada tahun lalu. Tahun ini ditargetkan Rp1.041 triliun dan 18,2 persen serap tenaga kerja.

Tags : Abdul Wahid , PKB , Pemda Riau