Catatan Penting Bagi Menteri Kabinet Indonesia Maju Bidang Ekonomi

| Jum'at, 25/10/2019 21:11 WIB
Catatan Penting Bagi Menteri Kabinet Indonesia Maju Bidang Ekonomi Anggota DPR RI Heri Gunawan (foto: dprgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Anggota DPR RI, Heri Gunawam mengungkapkan, paradoks perekonomian Indonesia selama lima tahun terakhir harus menjadi catatan bagi menteri-menteri khususnya di bidang perekonomian.

“Bila pertumbuhan ekonomi kita terus hanya berada di kisaran lima persen bahkan mungkin tidak sampai, berarti kita tidak akan mungkin sampai pada kategori negara maju (pendapatan perkapita lebih dari 12.000 dollar Amerika Serikat),” kata Heri Gunawan dikutip dprgoid, Jumat 25 Oktober 2019.

Selain itu, Menurut Heri, rasio pajak Indonesia termasuk yang terendah di kawasan Asia dan Afrika. Begitu juga dengan masalah deindustrialisasi, “Industri nasional kita yang vital seperti industri baja terus mengalami kebocoran. Daerah industri seperti Batam pertumbuhan ekonominya jatuh hingga dua persen,” tambahnya.

Bahkan, lanjutnya, catatan terpenting juga soal pengelolaan APBN yang masih mengadopsi konsep yang sudah terbukti gagal di banyak negara, yaitu masih menggunakan metode austerity policy.

“Kondisi yang harus kita ketahui juga saat ini adalah turunnya indeks daya saing Indonesia menurut World Economic Forum,” jelasnya.

Tags : Kabinet Indonesia Maju , Ekonomi Indonesia

Berita Terkait