Fokus Peningkatan Ekspor, Mendag Agus Suparmanto Pangkas Sejumlah Aturan

| Rabu, 30/10/2019 21:07 WIB
Fokus Peningkatan Ekspor, Mendag Agus Suparmanto Pangkas Sejumlah Aturan Agus Supramanto (Menteri Perdagangan RI). (Foto: twitter @Kemendag)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan, pihaknya ingin fokus pada peningkatan ekspor dan berupaya untuk menurunkan impor. Ia mengaku, selama sepekan menjabat telah melakukan evaluasi terkait regulasi hingga perjanjian perdagangan antar negara.

Baca Juga: Agus Suparmanto, Santri Multitalenta Ini Dipercaya Jabat Menteri Perdagangan

Terkait regulasi, Agus menyebut bakal memangkas sejumlah aturan yang menghambat ekspor. Tak hanya itu, dirinya juga melihat potensi dalam negeri agar bisa menjadi barang pengganti untuk menekan impor.

"Jadi saya akan sederhanakan segala regulasi yang hambat ekspor. Kemudian impor kan prinsipnya untuk isi kekosongan (barang yang tidak ada di dalam negeri), apalbila ada substitusinya maka kami akan kurangi (impor). Sehingga bisa sesuai arah Pak Presiden untuk dilakukan segala sesuatu yang bisa naikan ekspor," jelasnya.

Kemudian, terkait evaluasi perjanjian perdagangan antar negara dilihat mana yang ternyata tidak menguntungkan untuk ekspor Indonesia. Sehingga, sambungnya, bisa kembali dilakukan negosiasi untuk merevisi perjanjian tersebut.

Baca Juga: Mendag Agus Suparmanto Belum Berencana Angkat Wakil Menteri

Selain itu, Agus juga akan melakukan koordinasi dengan kementerian Luar Negeri terkait hal tersebut. "Terutama seperti perjanjian perdagangan internasional terkait sawit. Padahal sawit sangat potensial (ekspornya), tapi ada diskriminatif. Maka di sini lah gunanya untuk dilakukan negosiasi, baik juga dilakukan (pengenalan terkait kelapa sawit) di acara roadshow atau trade show," tandasnya. 

Tags : Menteri Perdagangan , Agus Suparmanto , Ekspor , Impor

Berita Terkait