Hadapi Perlambatan Ekonomi Global, Ini Faktor yang Harus Dijaga Indonesia

| Senin, 04/11/2019 15:24 WIB
Hadapi Perlambatan Ekonomi Global, Ini Faktor yang Harus Dijaga Indonesia Sri Mulyani Indrawati (foto: setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati mengatakan konsumsi dan investasi domestik merupakan faktor yang perlu dijaga untuk meminimalisir dampak perlambatan ekonomi akibat perang dagang Amerika Serikat dan China.

“Consumption dan investment adalah 2 faktor yang mempengaruhi lebih dari 80 bahkan mendekati 90% dari ekonomi kita,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dikutip kemenkeugoid, Senin 4 November 2019.

Menurut Sri Mulyani, Indonesia, dengan perlambatan ekonomi global, ekonominya masih tumbuh cukup resilience dan inflasi yang tetap terjaga karena ekonomi didominasi oleh permintaan domestik.

“Kalau kita ingin menjaga perekonomian kita dari pengaruh global, just make sure bahwa dua ini resilience (tahan banting) dan tetap terjaga,” katanya.

Sri Mulyani menuturkan, pemerintah saat ini fokus untuk memperkuat industri dalam negeri, “Inilah yang sekarang menjadi fokus kita pada saat external faktor sangat lemah maka kita harus make sure consumption dan investment menjadi positif dan terjaga pada 5% atau di atas 5%,” jelasnya.

Tags : Ekonomi Indonesia , Menteri Sri Mulyani , Ekonomi Global

Berita Terkait