Kesepakatan Kelompok Dagang RCEP Ditandatangani 2020

| Selasa, 05/11/2019 19:45 WIB
Kesepakatan Kelompok Dagang RCEP Ditandatangani 2020 Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menlu Retno Marsudi saat memberikan keteranga pers di Bangkok (foto: setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengungkapkan, MoU kerjasama kelompok dagang atau egional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) akan diresmikan pada 2020 mendatang.

“Jadi setelah ini (perundingan dasar semua chapter), legal scrubbing, aiming untuk tanda tangan 2020,” kata Menlu Retno Marsudi dikutip setkabgoid, Selasa 5 November 2019.

Retno menjelaskan, lima belas negara ASEAN plus China, Jepang, Korea Selatan, Selandia Baru dan Australia sudah menyelesaikan perundingan dasar sebanyak 20 chapter.

“Jadi, mereka sudah selesai text based-nya dan essential market access issue-nya. Tadi disampaikan kan, sebenarnya yang 15 masih punya, cuma yang essential sudah selesai semua,” jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Komite Perundingan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP), Iman Pambagyo mengatakan, India masih harus hati-hati dalam melakukan perundingan soal RCEP tersebut.

“Apa yang dirundingkan dinyatakan selesai, India ada di working group tadi. Tapi setelah dibawa ke New Delhi, mereka katakan ada hal-hal yang masih sulit diterima,” jelas Iman.

Tags : RCEP , Indonesia , Kelompok Dagan , ASEAN

Berita Terkait