Wapres Maruf Amin Pastikan Pemerintah Komitmen Dorong Industri Keuangan Syariah

| Rabu, 13/11/2019 18:25 WIB
Wapres Maruf Amin Pastikan Pemerintah Komitmen Dorong Industri Keuangan Syariah KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden RI KH Ma`ruf Amin memastikan bahwa pemerintah berkomitmen untuk mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi serta keuangan syariah. Disampaikannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah berulang kali menegaskan agar keuangan syariah Indonesia menjadi pusat keuangan syariah dunia.

"Masalahnya perbankan kita belum, asuransi belum, pasar modal itu belum," kata Kiai Ma`ruf saat menyampaikan sambutan dalam pembukaan Festival Ekonomi Syariah 2019, di Jakarta, Rabu, 13 November 2019.

Baca Juga: Didampingi Gus Muhaimin, Wapres Kiai Ma`ruf Hadiri Silaturrahim Alim Ulama Jawa Tengah

Ditambahkannya, Pemerintah ingin Indonesia tak sekadar menjadi tukang stempel kehalalan suatu produk melalui Sertifikasi Halal. Namun, lebih dari itu juga terbangunnya produsen serta industri halal di Indonesia. Salah satu basisnya adalah Industri Keuangan Syariah.

Selain itu, Kiai Ma`ruf juga mengatakan bahwa pemerintah juga ingin mendorong social fund dalam wujud zakat serta wakaf. Sejauh ini, zakat baru di angka 3,5 persen senilai Rp8 triliun. Padahal, sambungnya,proyeksi potensi zakat Indonesia sebenarnya lebih dari Rp200 triliun.

"Langkah terbaru adalah merencanakan transformasi Komite Nasional Keuangan Syariah menjadi setingkat Komisi Nasional. Dalam waktu cepat akan keluar Perpresnya," ujarnya. 

Tags : Kiai Maruf , Industri Keuangan Syariah , Indonesia , Jokowi