Indonesia-Meksiko Bahas Peningkatan Hubungan Dagang

| Jum'at, 15/11/2019 17:38 WIB
Indonesia-Meksiko Bahas Peningkatan Hubungan Dagang Ilustrasi pertumbuhan ekonomi (gambar: gurupendidikan.co.id)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Delegasi Indonesia bertemu dengan Kementerian Ekonomi Meksiko di Mexico City, Meksiko. Pertemuan bilateral ini membahas upaya peningkatan perdagangan kedua negara. Pertemuan ini merupakan penutup lawatan delegasi Indonesia ke Amerika Latin yang sebelumnya mengunjungi Brasil dan Kolombia.

“Pertemuan ini adalah pendekatan kembali yang pertama setelah vakum cukup lama. Kedua pihak pada dasarnya memiliki kesamaan pandangan bahwa hubungan kerja sama perdagangan mesti diperdalam melalui suatu mekanisme formal antara kedua Pemerintah untuk membahas isu-isu perdagangan dan investasi. Hal ini mengingat Indonesia dan Meksiko merupakan dua ekonomi berkembang yang memiliki banyak kesamaan,” kata Direktur Perundingan Bilateral Ni Made Ayu Marthini dalam rilisnya, Jumat 15 November 2019.

Made mengungkapkan, pihak Meksiko mengapresiasi upaya Pemerintah Indonesia dalam melakukan pendekatan kepada Meksiko. Menurut mereka pemilihan waktu pertemuan sangat tepat, di tengah situasi ketidakpastian perekonomian dunia saat ini. Kedua Delegasi juga melakukan pertukaran informasi mengenai perkembangan ekonomi dan kebijakan perdagangan masing-masing serta perkembangan agenda perjanjian dagang yang tengah dinegosiasikan saat  ini.

Pada pertemuan ini, delegasi Indonesia mengusulkan agar rencana pelaksanaan Working Group on Trade and Investment (WGTI) yang sempat dibahas pada 2012 lalu dapat dimulai kembali. “WGTI dapat menjadi forum kedua negara membahas isu-isu dan peluang dagang dan investasi sehingga kedekatan dapat terjalin. Apalagi kombinasi pasar kedua negara hampir mencapai 400 juta orang,” tutur Made.

Tags : Kementerian Perdagangan , Indonesia , Meksiko

Berita Terkait