Wamendag: Amerika Mitra Dagang Strategis Bagi Indonesia

| Sabtu, 23/11/2019 18:58 WIB
Wamendag: Amerika Mitra Dagang Strategis Bagi Indonesia Wamendag Jerry Sambuaga bersama melakukan pertemuan dengan Deputi USTR, Jeffrey Gerrish di Washington D.C (foto: kemendag)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pemerintah Indonesia terus melakukan upaya memperkuat hubungan perdagangan dengan Amerika Serikat (AS). Kedua negara menargetkan peningkatan total perdagangan  sampai USD 60 miliar.

Untuk mencapai target tersebut, Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga didampingi Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan Kemendag Kasan melakukan serangkaian pertemuan dengan pihak AS melalui kunjungan kerja ke New York dan Washington DC. Kunjungan kerja tersebut berlangsung pada 16-20 November 2019.

"Hubungan perdagangan Indonesia-AS sangat penting bagi kedua negara. AS bahkan merupakan mitra dagang strategis bagi Indonesia. Kedua negara berkomitmen mencapai target perdagangan yang telah disepakati dengan total nilai sebesar USD 60 miliar," jelas Wamendag.

Berdasarkan data United States International Trade Commission (USITC), total perdagangan Indonesia-AS pada 2018 mencapai USD 29 miliar (untuk perdagangan barang). Dari perdagangan tersebut tercatat nilai ekspor Indonesia ke AS mencapai USD 20,8 miliar, sedangkan impornya sebesar USD 8,2 miliar. 

“Sehingga hal itu yang menjadi salah satu perhatian penting kedua negara. Untuk itu, keduanya berupaya menggenjot total nilai perdagangan," ungkap Wamendag.

Rangkaian kegiatan yang dilakukan Wamendag Jerry adalah pertemuan dengan sejumlah pejabat pemerintah, pelaku usaha, dan diaspora di AS. Selain memperkuat hubungan perdagangan kedua negara, kunjungan ini merupakan langkah-langkah persiapan pelaksanaan misi dagang Menteri Perdagangan Agus Suparmanto yang dijadwalkan bertolak ke AS pada Desember 2019 mendatang.

Tags : Wamendag , Kementerian Perdagangan , AS , Indonesia

Berita Terkait