Erick Thohir Pecat Dirut Garuda Indonesia, PKB: Momentum Tepat Benahi BUMN

| Jum'at, 06/12/2019 18:01 WIB
Erick Thohir Pecat Dirut Garuda Indonesia, PKB: Momentum Tepat Benahi BUMN Marwan Jafar (Anggota Komisi VI DPR RI FPKB). (Foto: IG @marwan_jafar)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir resmi menmecat Direktur Utama (Dirut) Garuda Indonesia karena dugaan penyelundupan Harley Davidson dan Sepeda lipat Brompton di pesawat Garuda. Menaggapi hal tersebut, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memandang saat ini momentum yang tepat bagi Erick untuk membenahi BUMN.

"Yang dilakukan Pak Erick sudah benar, karena ini menyangkut integritas seseorang. Saya pikir Dirut itu tidak memberi contoh yang baik sebagai pejabat. Garuda butuh reformasi serius," kata Anggota DPR RI Fraksi PKB, Marwan Ja`far di Jakarta, Jumat, 6 Desember 2019.

Baca Juga: PKB Sumatera Barat Raih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2019

Marwan menilai, Garuda Indonesia perlu dibenahi. hal itu karena BUMN tersebut belum menuai kenaikan finansial secara signifikan. "Ini adalah momentum tepat untuk mengubah dan membenahi kinerja seluruh perusahaan," ujarnya.

Baca Juga: PKB Singgung Tingginya Harga Gas Industri Langgar Perpres 40/2016

Dia berharap, ke depannya garuda bisa bersaing namun tetap digdaya di hadapan maskapai-Maskapai Internasional. Ia meminta ketegasan Erick tak berhenti sampai di Garuda.

"Ketegasan terhadap Garuda perlu diikuti dengan ketegasan terhadap BUMN lain yang merugi terus, yang utangnya banyak menumpuk. Kita harus sadar bahwa banyak perusahaan BUMN yang nilai finansialnya negatif. Ada 142 BUMN yang merugi dan disubsidi terus," tandasnya. 

Tags : BUMN , Dirut Garuda Indonesia , Marwan Jafar , PKB