Kadin Gandeng DSI Percepat Industri Berbasis Serat Alam

| Selasa, 10/12/2019 21:33 WIB
Kadin Gandeng DSI Percepat Industri Berbasis Serat Alam Kadin Gandeng DSI Percepat Industri Berbasis Serat Alam

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia gandeng Dewan Serat Indonesia (DSI) untuk mempercepat penggunaan serat alam sebagai bahan baku industri karena penggunaannya dinilai masih belum optimal. Penggunaan ini baru banyak digunakan pada industri tekstil sebagai bahan pembuatan kain. Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perindustrian, Johnny Darmawan mengatakan tantangan bagi pelaku industri ke depan adalah bagaimana sektor industri dapat dikembangkan secara berkelanjutan agar dapat mengatasi masalah pengangguran dan menciptakan ekonomi berbasis industri.

“Optimalisasi potensi sumberdaya lokal industri berbasis serat alam ini dapat menunjang industri berkelanjutan dengan cara menciptakan material-material baru dari alam yang berkualitas dengan biaya yang relatif murah,” ungkap Johnny pada siaran pers, Selasa 10 Desember 2019.

Dirinya menambahkan bahwa saat ini sudah banyak bidang industri tekstil yang menggunakan bahan baku serat sebagai bahan pembuatan kain, walaupun skalanya masih Industri Kecil Menengah (IKM). Padahal, bila dikembangkan lebih jauh, pemanfaatan serat dapat digunakan untuk sektor industri lainnya.

Johny memaparkan bahwa serat alam terutama dari non-kayu sudah lama dibudidayakan dan sangat menjanjikan sebagai bahan baku industri agro berbasis selulosa. Diantaranya pulp untuk kertas dan karton, dissolving pulp untuk serat rayon bagi produk tekstil, nitroselulosa sebagai bahan baku propelen, selulosa asetat, nanoselulosa kristalin dan lainnya yang sampai saat ini belum dimanfaatkan secara maksimal.

Serat alam diharapkan terus diteliti dan dikembangkan karena sifat dari serat yang kuat dan ringan sebagai bahan baku industri yang ramah lingkungan dan mudah terdegradasi. Di Indonesia banyak sekali tanaman yang dapat menghasilkan serat diantaranya kapas, kapuk ,rami, rosella, pisang dan nanas.

“Ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pemangku kepentingan, juga lembaga litbang untuk menghasilkan material baru sebagai bahan baku industri dari serat alam,” kata Johnny.

Potensi Pemanfaatan Serat Alam dalam mendukung industri berbasis selulosa (industri tekstil dan alas kaki) semakin terbuka lebar pasca terbitnya salah satu isu penting untuk mengurangi pemakaian material komposit berbasis serat sintesis yang dapat merusak lingkungan dan membawa pada perubahan iklim secara global oleh Industri tekstil dan alas kaki.

Saat ini, tambah Johnny, industri tekstil dan alas kaki didorong untuk beradaptasi dengan penggunaan serat alam sebagai alternatif. Pasalnya, serat alam memiliki kelebihan dibandingkan serat sintetis karena dapat didaur ulang dan terbarukan. Sehingga peluang pengembangan serat alam di masa depan cukup menjanjikan.

“Sekarang tinggal bagaimana kita dapat mendorong serat alam lokal menjadi bagian penting yang bernilai ekonomis sebagai material baru melalui diversifikasi produk industri dan perekayasaan untuk setiap tahap rantai nilai industri berbasis serat alam dengan dukungan penelitian dan pengembangan (litbang) yang memadai,” kata Johnny.

Tags : KADIN , DSI , Serat Alam

Berita Terkait