Kemendag Perkuat Strategi Hadapi Tantangan Perdagangan Global

| Kamis, 12/12/2019 15:52 WIB
Kemendag Perkuat Strategi Hadapi Tantangan Perdagangan Global Wamendag Jerry Sambuaga (foto: kemendaggoid)

PEMATANGSIANTAR, RADARBANGSA.COM - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menegaskan, Kementerian Perdagangan akan memperkuat strategi dalam menghadapi tantangan perdagangan global yang semakin tidak menentu.

“Kemendag perlu memperkuat strategi karena perekonomian dunia sedang menghadapi permasalahan pada sektor perdagangan, yaitu banyak negara yang mengadopsi hambatan perdagangan dan sistem perdagangan multilateral yang dipertanyakan perannya. Selain itu, berbagai isu perdagangan di beberapa negara ikut menaikkan tensi perdagangan secara global sehingga menyebabkan pelemahan nilai perdagangan global,” kata Wamendag Jerry di Pematangsiantar, Rabu 11 Desember 2019.

Jerry mengungkapkan, tahun ini ekonomi dunia diperkirakan tumbuh 3,0 persen. Jauh lebih rendah dari prediksi sebelumnya. Pelemahan pertumbuhan ekonomi juga diperkirakan terjadi di Amerika Serikat, Tiongkok, dan kawasan Eropa. Selain pelemahan ekonomi, IMF juga memperkirakan pelemahan pertumbuhan perdagangan dunia di tahun 2019 hanya naik 1,1 persen, jauh dari pertumbuhan tahun 2018 yang mencapai 3,6 persen.

“Perekonomian dunia baru akan mulai membaik di tahun 2025, dengan asumsi tensi perdagangan mulai mereda,” tandasnya.

Dari sisi kinerja perdagangan, negara-negara utama eksportir dan importir dunia juga menunjukkan pertumbuhan yang negatif, termasuk Amerika Serikat dan Tiongkok. Pelemahan pertumbuhan ini adalah salah satu sinyal yang patut kita waspadai terkait kemungkinan resesi global yang akan terjadi.

Untuk itu, Jerry menyampaikan, pada masa kepemimpinnya yang kedua, Presiden Jokowi telah menetapkan lima prioritas. Prioritas tersebut yaitu pengembangan sumber daya manusia, melanjutkan pembangunan infrastruktur, penyederhanaan regulasi, efisiensi birokrasi, dan transformasi ekonomi.

Tags : Kemendag , Perdagangan Global

Berita Terkait