Kemendag Dukung UMKM Tembus Pasar Global

| Sabtu, 21/12/2019 15:08 WIB
Kemendag Dukung UMKM Tembus Pasar Global Gedung Kementerian Perdagangan (foto: kemendag.go.id)

BEKASI, RADARBANGSA.COM - Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus melakukan berbagai upaya strategis dalam mendukung ekspor produk UMKM ke pasar global. Salah satunya dengan memanfaatkan pusat logistik berikat (PLB) e-commerce (niaga elektronik) sebagai sarana untuk membantu proses ekspor produk UMKM.

“Produk UMKM Indonesia yang berkualitas dan beragam harus didorong terus agar menembus pasar global dan mampu bersaing dengan produk-produk negara lain. Salah satu strategi yang dilakukan adalah melalui pemanfaatan PLB e-commerce selain perdagangan yang konvensional,” tegas Menteri Perdagangan Agus Suparmanto saat meresmikan ekspor perdana produk UMKM melalui PLB e-commerce di Pusat Pergudangan Marunda Center, Bekasi, Jawa Barat, Kamis 19 Desember 2019.

Acara ini dihadiri Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki. Selain itu, hadir pula Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi, Dewan Pengawas Koperasi NU Circle Nusantara Lily Wahid, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Benny Soetrisno, serta Ketua Komite Tetap Pengembangan Ekspor Kadin Handito Joewono.

"Keberadaan PLB e-commerce diharapkan dapat meningkatkan peran UMKM dalam menembus pasar Internasional tanpa harus dipusingkan dengan masalah pemasaran dan proses pengiriman barang yang selama ini menjadi kendala utama," jelas Mendag.

Menurut Mendag, dengan adanya fasilitas bantuan pemasaran melalui PLB e-commerce, UMKM akan dapat fokus pada pengusahaan modal, sistem produksi, dan distribusi. Para UMKM berorientasi ekspor juga dapat memanfaatkan PLB e-commerce untuk memenuhi kebutuhan bahan baku melalui fasilitas KITE (Kemudahan Impor Tujuan Ekspor).

Tags : kemendag , ekspor , UMKM

Berita Terkait