Komisi VII Kunker ke Maluku, Ratna Juwita Dorong Pemenuhan Listrik Desa Terpencil

| Sabtu, 21/12/2019 19:27 WIB
Komisi VII Kunker ke Maluku, Ratna Juwita Dorong Pemenuhan Listrik Desa Terpencil Ratna Juwita Sari (Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi PKB). (Foto: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Komisi VII DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Maluku untuk bertemu sejumlah stakeholder yang berkaitan dengan mitra kerja di bidang energi sejak Rabu, 18 Desember 2019. Rombongan Komisi VII juga melakukan peninjauan operasionalisasi Kapal Pembangkit Listrik Marine Vessel Power Plant 120 MW di Desa Waai, Kabupaten Maluku Tengah.

Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi PKB Ratna Juwita saat kunjungan mengatakan bahwa pemerintah seharusnya dapat memperluas praktek baik (best practices) penggunaan kapal pembangkit MVPP di Maluku Tengah sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan listrik di wilayah kepulauan lainnya. Menurutnya, PT PLN selaku pihak yang bertanggungjawab sepatutnya segera berupaya memberikan dukungan kepada LPNK dan BUMN agar dapat membangun sendiri Karpower (Kapal Pembangkit MVPP), agar tidak perlu menyewa dari negara lain.

"Kalau mau target Indonesia Terang tercapai, maka harus bangun kapal pembangkit listrik sendiri. Agar wilayah terisolir yang berbasis kepulauan dapat terjangkau," kata Ratna.

Selain itu, Legislator dari dapil Jawa Timur IX (Kabupaten Tuban dan Bojonegoro) itu juga menekankan pentingnya kebijakan dan program "Desa Mandiri Energi" dalam waktu sesegera mungkin. Dia menilai, upaya pemenuhan energi pada desa-desa terpencil di kepulauan yang tidak dapat dijangkau oleh PLN, harus didukung oleh pemerintah melalui Kementerian ESDM dan Lembaga Penelitian Non Kementerian (LPNK) serta BUMN untuk mengembangkan Pembangkit Listrik skala desa seperti PLTMH atau bentuk lainnya.

"Desa-desa di Kepulauan tantangan besarnya adalah daya jangkau pembangkit besar yang sangat terbatas. Maka perlu dikembangkan pembangkit listrik skala mikro di setiap desa yang belum terjangkau, agar menjadi Desa Mandiri Energi," tuturnya. 

Tags : DPR RI , Ratna Juwita , Desa Mandiri Energi