Kementan Targetkan Ekspor Capai 1000 T di 2024

| Kamis, 09/01/2020 18:03 WIB
Kementan Targetkan Ekspor Capai 1000 T di 2024 Lahan pertanian tembakau di Temanggung, Jawa Tengah

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian, Kasdi Subagyo menetapkan target jangka panjang Kementan adalah peningkatan ekspor sebesar 1000 triliun di tahun 2024. Target ini meliputi angka produksi yang ditargetkan naik sebesar 7 persen serta PDB sebesar 25 persen.

“Saat ini kami sedang merancang satu program gerakan potensi ekspor. Diantaranya kopi, kakao, jamu mete sampai fanile. Ini sudah punya target. Jadi 5 tahun ke depan pertumbuhannya harus lebih dari 3 kali lipat. Kita akan menaikan produksinya dan memiliki dampak terhadap penyerapan lapangan kerja serta PDB pertanian," katanya Kasdi di Jakarta, Rabu 8 Januari 2019.

Sebagaimana diketahui, Indonesia merupakan negara subur yang seluruh kekayaan alamnya selalu dibutuhkan penduduk dunia dan sektor pertanian menjadi bagian penting dalam meningkatkan ekonomi bangsa dan menekan angka kemiskinan.

Untuk mendorong upaya ini Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo juga berpesan kepada para eksportir untuk meningkatkan ekspor menjadi tiga kali lipat. Hal ini disampaikan saat pertemuan dengan puluhan eksportir di Kantor Pusat Kementan, Rabu, 8 Januari 2019.

“Gerakan tiga kali ekspor merupakan bagian dari gerakan rakyat untuk menunjukan bahwa Indonesia merupakan negara kuat yang memiliki potensi besar dan derajat tinggi di mata dunia. Gerakan ini harus menjadi titik balik bangkitnya pertanian Indonesia,” Jelas Syahrul.

Syahrul juga akan berencana membangun milenial menjadi enterpreneurship dan mengenal pertanian secara dalam.

“Pertanian di tangan kita tidak boleh mundur. Yang ada adalah maju. Pertanian di tangan kita harus berjalan efektif dan maksimal. Harus berkembang dan lebih baik," katanya.

 

Tags : Kementan , Ekspor

Berita Terkait