Jepang Komitmen Perluas Investasi di Indonesia

| Senin, 13/01/2020 17:18 WIB
Jepang Komitmen Perluas Investasi di Indonesia Kunjungan Menteri Luar Negeri Jepang, Motegi Toshimitsu di Indonesia (Foto: Kemenlu)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Menteri Luar Negeri Jepang, Motegi Toshimitsu sepakat meningkatkan kerja sama investasi dan perdagangan dengan Indonesia. Jepang juga berkomitmen terus memperluas investasi di Indonesia dan mendukung modernisasi industri serta keinginan Indonesia menjadi re-ekspor produk manufaktur Jepang.

Diketahui, Jepang adalah mitra dagang dan investasi terbesar kedua Indonesia. Pada periode Januari hingga September 2019, nilai perdagangan bilateral sebesar US$23,85 milyar dan nilai investasi Jepang mencapai US$3,24 Milyar dari 2810 proyek. 

Menlu Indonesia dalam hal ini menyambut baik komitmen Jepang untuk terus menjadi mitra kunci pembangunan sektor prioritas Indonesia," Ujar Menlu RI kepada Menlu Jepang Motegi Toshimitsu dalam pertemuan ke-7 Strategic Dialogue RI-Jepang di Jakarta, 10 Januari 2020.

Dalam kunjungan perdanananya, Jepang berencana akan membantu Indonesia di perairan Natuna. selain di sektor, Jepang akan membantu hibah kapal pengawas perikanan dan jajaki pengembangan industri pariwisata. Selain itu, Menlu RI juga mengundang Jepang investasi di bidang teknologi sanitari buah tropis guna mendorong peningkatan ekspor Indonesia.

Kedua Menlu ini menegaskan komitmen bersama untuk menjadikan ekonomi kedua negara lebih terbuka serta untuk menciptakan kerja sama perdagangan yang saling menguntungkan.

Tags : Jepang , Investasi , Menlu

Berita Terkait