Upayakan Reformasi Struktural, Berikut Langkah Pemerintah

| Senin, 20/01/2020 20:01 WIB
Upayakan Reformasi Struktural, Berikut Langkah Pemerintah Pemerintah Upayakan Reformasi Struktural (Foto: Poskotanews.com)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Menuju Indonesia Emas di tahun 2045, pemerintah akan meningkatkan pertumbuhan produktivitas dan daya saing Indonesia. Kedua aspek ini juga sebagai syarat agar Indonesia dapat keluar dari jebakan negara berpendapatan menengah dan segera menjadi negara maju. Dilansir dari Laporan tertulis resmi Badan Kegiatan Fiskal, terdapat lima langkah strategis yang akan ditempuh pemerintah untuk melakukan reformasi struktural secara utuh.

Pertama, Pemerintah tetap melanjutkan investasi di infrastruktur. Sepanjang lima tahun terakhir pemerintah telah bekerja keras untuk membangun infrastruktur dasar dan pendukung perbaikan aktivitas ekonomi, seperti transportasi, infrastruktur energi, teknologi dan digital.

“Investasi di infrastruktur ini akan mendukung perluasan akses logistik, jasa telekomunikasi modern, dan ketercukupan energi listrik yang pada akan menopang pertumbuhan produktivitas penduduk dan perusahaan,” ujar Tim Peneliti Gabungan Kemenkeu dalam pernyataan tertulis, Senin 20 Januari 2020.

Kedua, Presiden Joko Widodo telah menekankan penguatan di sumber daya manusia (SDM) pada periode kedua pemerintahannya. Masyarakat dalam hal ini harus mampu bekerjasama dengan pemerintah untuk mewujudkan komposisi tenaga kerja yang berkeahlian dan berketerampilan tinggi dan yang secara cepat dapat mengadopsi perkembangan teknologi.

Ketiga, dalam rangka mendorong lahirnya produktivitas, Pemerintah harus mampu menjaga kompetisi di semua sektor secara sehat. Adanya kompetisi akan menciptakan daya saing antar-individu dan antar-perusahaan. Kompetisi juga akan melahirkan inovasi dari para pelaku serta memperbaiki struktur ekonomi ke depan menjadi lebih efisien.

Keempat, pemerintah perlu terus melakukan pendalaman sektor keuangan sehingga tersedia akses pembiayaan yang lebih luas yang dapat digunakan oleh pelaku ekonomi untuk melahirkan lebih banyak inovasi.

Terakhir, Pemerintah harus mampu menjalankan tata nilai pemerintahan yang baik (good governance) dan menjaga stabilitas ekonomi makro dan politik. Ini adalah syarat penting untuk dapat menjalankan keempat strategi peningkatan produktivitas di atas. Tanpa hal ini, kebijakan yang diambil akan menjadi tidak efektif. Untuk itu, Pemerintah harus terus bertransformasi menjadi lebih baik dalam melaksanakan tugasnya sebagai manajer negara salah satunya dengan mensinergikan pemerintah pusat dan daerah.

Tags : Reformasi Struktural , Ekonomi

Berita Terkait