Fitch Tetapkan Sovereign Credit Rating Indonesia di Level Stabil

| Selasa, 28/01/2020 21:23 WIB
Fitch Tetapkan Sovereign Credit Rating Indonesia di Level Stabil (Foto: Pasardana.id)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Lembaga pemeringkat kredit Internasional, Fitch Ratings (Fitch) memberikan peringkat sovereign credit rating Indonesia pada level BBB/outlook stabil (Investment Grade). Hal ini sebagaimana dikutip dari laman resmi Bank Indonesia.

Menurut Fitch, faktor kunci yang mendukung afirmasi rating tersebut adalah prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia jangka menengah yang baik dan beban utang pemerintah yang relatif rendah dibandingkan negara peers (sekelas) dengan rating yang sama.

Kendati demikian, Fitch mengingatkan tantangan yang masih dihadapi yaitu tingginya ketergantungan terhadap sumber pembiayaan eksternal, penerimaan pemerintah yang rendah, serta indikator struktural seperti tata kelola dan Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita yang masih tertinggal dibandingkan negara peers lainnya.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia nantinya diprediksi akan tetap tahan banting (resilient) pada beberapa tahun mendatang, didukung berlanjutnya pembangunan infrastruktur publik dan agenda reformasi.

Upaya reformasi struktural pemerintah dinilai memiliki potensi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan investasi asing langsung dalam jangka menengah, yang akan bergantung kepada langkah rinci pemerintah serta implementasinya.
Fitch memprakirakan defisit fiskal akan tetap stabil pada 2020.

Utang pemerintah diprakirakan tetap rendah yaitu 30,1% PDB pada 2019. Rasio utang terhadap PDB juga diperkirakan hanya akan sedikit meningkat pada beberapa tahun mendatang, dengan asumsi pemerintah tetap mematuhi batasan fiskal defisit 3% PDB.

Dari sisi domestik, tekanan inflasi diprakirakan akan tetap rendah pada lingkungan ekonomi saat ini. Dalam beberapa tahun terakhir, inflasi tetap terkendali dan berada dalam rentang target Bank Indonesia 3,5% ± 1%. Hal ini ditambah kondisi pasar keuangan yang cukup kondusif akan mendukung peningkatan cadangan devisa hingga mencapai 129 miliar dolar AS pada Desember 2019.

Implementasi reformasi struktural yang kuat dan persepsi perusahaan asing terhadap perbaikan level-playing field diharapkan dapat mendorong peningkatan aliran masuk investasi asing langsung dan memperkuat kondisi keuangan eksternal Indonesia.

Tags : Fitch , Sovereign credit rating , Stabil

Berita Terkait