Dorong Keuangan Digital, BI dan Bank Sentral Filipina Jalin Kerjasama

| Selasa, 04/02/2020 10:02 WIB
Dorong Keuangan Digital, BI dan Bank Sentral Filipina Jalin Kerjasama BI dan Bank Sentral Filipina Tandatangani Nota Kesepahaman di Manila, Filipina (Foto: Bank Indonesia)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Bank Indonesia (BI) dan Bank Sentral Filipina (BSP) menyepakati kerjasama di bidang sistem pembayaran dan inovasi keuangan digital.

Kesepakatan ini menandai langkah konkrit kedua bank sentral menuju keuangan inklusif melalui kerja sama dan pengembangan sistem pembayaran dan keuangan digital.

Gubernur BI, Perry Warjiyo dan Gubernur BSP, Benjamin E. Diokno menuangkan kesepakatan tersebut melalui penandatanganan Nota Kesepahaman/Memorandum of Understanding (MoU) yang dilaksanakan di Manila, Filipina.

“Nota Kesepahaman ini untuk menyediakan kerangka kerja untuk kerja sama yang lebih erat antara kedua bank sentral dalam rangka mendukung tersedianya sistem pembayaran yang lebih aman, efisien, dan handal serta mendorong inovasi keuangan digital.” ujar Perry seperti dikutip dalam keterangan resminya di Jakarta, 3 Februari 2020.

Sebelumnya, BI dan BSP telah bekerjasama terkait anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme (APU PPT) di bidang sistem pembayaran dan penyelesaian akhir, pada 2018 lalu.

Perry mengatakan BI dan BSP ke depan akan mengimplementasikan kerjasama melalui dialog kebijakan, pertukaran informasi, kolaborasi inovasi, pengembangan kapasitas, program pengenalan bisnis teknologi finansial (tekfin) masing-masing bank sentral, dan pembentukan kelompok kerja teknis.

Tags : BI , BSP , Keuangan Digital