Kadin Jatim Siapkan Tim Percepatan Dorong Pertumbuhan Ekonomi di 5 Kawasan

| Rabu, 05/02/2020 11:14 WIB
Kadin Jatim Siapkan Tim Percepatan Dorong Pertumbuhan Ekonomi di 5 Kawasan Lingkar Ijen (Foto: Liputan6.com)

SURABAYA, RADARBANGSA.COM - Kadin Jawa Timur (Jatim) membentuk tim percepatan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di lima kawasan strategis.

Lima kawasan stategis ini adalah Gerbang Kertasusila (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo dan Lamongan), Madura dan Kepulauan, Bromo Tengger Semeru (BTS), Selingkar Ijen dan terakhir kawasan Selingkar Wilis dan Lintas Selatan.

Dilansir dari laman resmi Kadin terdapat 218 proyek yang masuk dalam percepatan pembangunan ekonomi di beberapa kawasan tersebut. Tim percepatan ini bertugas untuk melakukan pemetaan, membuat perencanaan kawasan yang nantinya akan dikonsultasikan ke Gubernur.

Setelah mendapatkan approval dari Pemprov Jatim, Kadin akan segera menyiapkan investor untuk membangun industri di lima kawasan tersebut. Ketua Kadin Jawa Timur, Adik Dwi Putranto menyebut sejauh ini pihak swasta sudah banyak yang tertarik untuk menanamkan modalnya. Demikian menurut ketarangan tertulis Kadin.

“Proyek percepatan ekonomi di lima kawasan itu juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Investasi yang dibutuhkan sekitar Rp292,45 triliun dengan skema sumber pembiayaan yang berbeda-beda,” jelas Adik.

Rinciannya, mayoritas sumber pembiayaan berasal dari Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan alokasi senilai Rp136,112 triliun. Sisanya berasal dari pembiayaan BUMN dan BUMD , pembiayaan swasta dan BUMN masing-masing Rp67,64 triliun dan Rp46,76 triliun.

Melalui Tim Percepatan ini, diharapkan kelima kawasan menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi dan membuka banyak potensi lain yang bisa dikembangkan seperti industri, pariwisata hingga perdagangan.

Tags : Kadin , Jatim , Ekonomi

Berita Terkait