Capai Penjualan Hingga Rp 400 M, Sarinah Komitmen Tingkatkan Produk UKM

| Selasa, 11/02/2020 10:19 WIB
Capai Penjualan Hingga Rp 400 M, Sarinah Komitmen Tingkatkan Produk UKM Pengusaha UMKM. (Foto: intitradacom)

 

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Sejak PT. Sarinah (Persero) bertransformasi menjadi etalase produk UKM, perusahaan ini mengklaim mengalami peningkatan penjualan hingga Rp 400  miliar.

Dirut PT Sarinah Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa mengatakan dengan meningkatnya penjualan tersebut, pihaknya akan terus menggenjot produk unggulan UKM untuk mengisi seluruh gerai Sarinah dan mengisi pasar ekspor. 

"Ada lebih dari 60 juta UKM di Indonesia untuk menjangkau itu semua perlu meningkatkan kolaborasi dengan  Kemenkop UKM," kata Dirut PT Sarinah (Persero) Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa di Jakarta, Senin, 10 Februari 2020.

Saat ini sudah 70 persen dari produk UKM dijual oleh Sarinah. Produk-produk tersebut telah melalui kurasi dari SMESCO dan Rumah Kreasi BUMN serta dari berbagai pemda. Putu juga menargetkan secara bertahap seluruh Sarinah akan menjadi etalase produk UKM. 

Pihaknya juga menegaskan Sarinah akan membawa UKM go global. Beberapa produk UKM yang telah diekspor dibawah nama Sarinah adalah produk fashion dan furniture.

“Untuk ekspor batik, Sarinah mengekspor ke Myanmar dan Thailand, sedangkan furniture berbahan baku rotan diekspor ke Yunani, Spanyol, Jerman dan Djibouti,” Kata Putu.

Total nilai ekspor yang baru dibukukan adalah sekitar US$1,5 juta dan akan terus ditingkatkan dengan mencari pasar-pasar baru. 

“Sarinah sejarahnya didirikan oleh Presiden Soekarno untuk menjadi etalase produk dalam negeri. Sekarang kita wujudkan bagaimana Sarinah menjadi tuan rumah produk UKM. Sarinah akan total berubah wajah," Imbuhnya.

Tags : Sarinah , UMKM

Berita Terkait