Bangun PLTU Jawa 8 Pakai Teknologi USC, PLN Klaim Hemat Rp 1 Triliun

| Selasa, 18/02/2020 16:27 WIB
Bangun PLTU Jawa 8 Pakai Teknologi USC, PLN Klaim Hemat Rp 1 Triliun Bangun PLTU Jawa 8 Pakai Teknologi USC, PLN Klaim Hemat Rp 1 Triliun (Foto: Ekonomi Bisnis)

 

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Cilacap Ekspansi II (PLTU Jawa 8) dengan kapasitas 1.000 Mega Watt (MW) yang berlokasi di Desa Karangkandri, Kabupaten Cilacap.

Pembangunan PLTU ini merupakan bagian dari proyek 35.000 MW, dengan pengoperasian yang lebih cepat dari target, juga menggunakan teknologi boiler USC (Ultra Super Critical) sehingga menciptakan potensi penghematan biaya operasi PLN sebesar kurang lebih Rp 1 triliun.

"Sama seperti PLTU Jawa 7, PLTU Jawa 8 ini juga menggunakan teknologi USC yang ramah lingkungan dan akan meningkatkan efisiensi pembangkit hingga dapat menghemat biaya operasi. PLN melaporkan penghematannya hingga Rp 1 triliun," Kata Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM di Jakarta, Senin 17 Februari 2020.

Direktur Bisnis PLN Regional Jawa, Madura dan Bali, Haryanto W.S. dalam keterangan persnya mengungkapkan bahwa pembangunan PLTU ini berhasil diselesaikan lebih awal 8 bulan dari target operasional yaitu Agustus 2020.

“Ini menunjukkan pasokan listrik PLN semakin aman dan andal, juga siap untuk mendorong pembangunan investasi Indonesia.

PLTU Jawa 8 disebut-sebut memiliki nilai investasi sebesar USD 1.4 Milyar atau 19 triliun rupiah.

Selain itu pembangunan PLTU ini diklaim berhasil menyerap 4.200 tenaga kerja dan akan menyuplai listrik bagi sekitar 1.050.000 pelanggan rumah tangga 900 VA. Adapun jumlah tenaga kerja yang diserap untuk mengoperasikan keseluruhan PLTU dengan total kapasitas 2.920 MW adalah sekitar 6.000 orang

 

Tags : PLTU , USC , PLN , 1 Triliun

Berita Terkait