Beli Gas Masela, PLN Manfaatkan Energi Bersih

| Jum'at, 21/02/2020 12:55 WIB
Beli Gas Masela, PLN Manfaatkan Energi Bersih PLN Beli Gas Masela Dorong Pemanfaatan Gas Bersih (Foto: KESDM)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - PT PLN (Persero) bersama dengan PT Pupuk Indonesia membeli gas produksi dari Proyek Liquefied Natural Gas (LNG) Abadi di Blok Masela. Pembelian Gas Masela ini dinilai salah satu upaya memulai konversi bahan bakar pembangkit-pembangkit PLN ke energi bersih.

"PT PLN (Persero) dan PT Pupuk Indonesia (Persero) sudah menandatangani MoU jual beli gas produksi dari Blok Masela. (Sebanyak) 2 hingga 3 juta ton produksi LNG Blok Masela akan dialokasikan untuk PLN dan akan digunakan untuk mengganti bahan bakar di pembangkit-pembangkit PLN," ujar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, di Jakarta, Rabu 19 Februari 2020.

Mengenai besaran harga jual gas, Arifin mengatakan akan mengikuti formula harga gas yang berlaku dan harga pasar, sehingga tercapai harga yang ekonomis dan menguntungkan kedua belah pihak.

Sementara itu, Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini menjelaskan MoU yang dilakukan antara PT PLN (Persero) dengan INPEX MASELA ini berisikan kerja sama pemanfaatan LNG dari Proyek LNG Abadi yang dioperasikan INPEX untuk memenuhi kebutuhan gas di pembangkit tenaga listrik PLN. Hal ini menjadi salah satu wujud komitmen Pemerintah dalam memprioritaskan kebutuhan gas domestik.

MoU tersebut mempertimbangkan beberapa hal seperti, jumlah kebutuhan riil PLN, harga gas yang ekonomis pada plant gate PLN diharapkan memberikan kontribusi dalam menurunkan biaya pokok pembangkitan (BPP).

"Salah satu fokus PLN kedepan adalah Menurunkan BPP (Biaya Pokok Penyediaan) dan seperti yang kita ketahui bersama, biaya yang mempengaruhi BPP tertinggi adalah biaya bahan bakar," ujar Zulkifli.

"Kondisi saat ini, harga gas (LNG) yang lebih murah dibandingkan BBM memungkinkan PLN untuk meningkatkan efisiensi pada penyediaan bahan bakar dengan mengkonversi energi yang mahal (BBM) ke energi yang lebih murah, khususnya dalam kerja sama ini adalah konversi BBM menjadi Gas (LNG)," lanjut Zulkifli.

Saat ini tercatat 2.246 unit Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD), 23 unit Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dan 46 Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) yang direncanakan akan dikonversi. PLN juga sudah melakukan inventarisasi Pembangkit listrik diesel yang beroperasi lebih dari 15 tahun.

Tags : PLN , Gas Masela