Diterpa Corona, Negara G20 Optimis Pertahankan Ekonomi Global

| Senin, 24/02/2020 17:21 WIB
Diterpa Corona, Negara G20 Optimis Pertahankan Ekonomi Global Menteri Keuangan, Sri Mulyani Pimpin Pertemuan G20 di Saudi Arabi (Foto: Kemenkeu)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Di tengah perekonomian dunia yang hampir tumbang, Negara G20 menyatakan pihaknya optimis akan menguatkan perekonomian global kedepan melalui semua instrumen kebijakan yang ada.

“Negara-negara G20 berkomitmen untuk menggunakan semua instrumen kebijakan guna mencapai pertumbuhan yang kuat, berkelanjutan, seimbang dan inklusif, serta tahan terhadap downsize risk”, ungkap Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati.

Sebelumnya prediksi perekonomian global di tahun 2020 dan 2021 diperkirakan mencapai 3,3 dan 3,4 persen. Namun saat ini, perekonomian global dibayangi oleh sejumlah risiko (downside risk), mencakup ketegangan geopolitik dan perdagangan, ketidakpastian kebijakan dan virus Corona.

Penyebaran virus Corona diyakini akan mempunyai dampak ekonomi yang lebih luas dibandingkan dengan ketegangan perdagangan global karena dampak virus Corona menghantam berbagai lini ekonomi, baik dari sisi industri, perdagangan, investasi dan pariwisata.

Dalam pertemuan tersebut, negara-negara G20 juga menyampaikan simpati kepada masyarakat dan negara yang terdampak virus Corona, khususnya Tiongkok dan menyepakati perlunya komitmen global untuk mengatasi dampak virus Corona, baik dalam pencegahan penyebarannya maupun munculnya virus serupa di masa depan.

Adapun anggota dari negara G20 ini adalah Argentina, Australia, Brazil, Canada, China, Uni Eropa, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Meksiko, Rusia, Saudi Arabia, Afrika Selatan, Korea Selatan, Turki, Inggris dan Amerka Serikat.

Pertemuan yang diselenggarakan di Riyadh, Saud Arabia ini adalah pertemuan pertama tingkat Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 di bawah Presidensi Arab Saudi pada tahun 2020.

 

 

 

 

Tags : G20 , Ekonomi , Menkeu , Arab Saudi

Berita Terkait