Kadin Minta Pemerintah Tidak Lockdown Semua Sektor Usaha

| Selasa, 17/03/2020 11:55 WIB
Kadin Minta Pemerintah Tidak Lockdown Semua Sektor Usaha Ilustrasi. Salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta (Foto: Istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Saat ini, Gubernur DKI Jakarta kini tengah mempertimbangkan opsi melakukan lockdown (mengunci) wilayah Jakarta. Sebagaimana diketahui hal ini disebabkan Wabah Corona yang telah meluas ke beberapa titik di Indonesia.

Usulan lockdown ini kemudian ditanggapai oleh Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Provinsi DKI Jakarta.

Ketua Umum KADIN DKI Jakarta, Diana Dewi mengatakan kepada pemerintah daerah untuk tidak memukul rata kebijakan lockdown terhadap seluruh sektor usaha.

"Apabila Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta akan melakukan isolasi atau lockdown terhadap wilayah yang menjadi pandemi Virus Covid-19, maka pengusaha meminta ini tidak disamaratakan bagi semua sektor," ujar Diana, dalam keterangan tertulis, Minggu 15 Maret 2020.

Lebih lanjut, dirinya mengusulkan kepada Pemprov DKI Jakarta untuk membagi kelompok usaha kedalam tiga klaster, yaitu kelompok perusahaan atau layanan publik yang harus tetap berjalan mengingat sangat dibutuhkan masyarakat. Kemudian kelompok perusahaan yang dapat meliburkan sebagian karyawannya dengan pertimbangan bahwa perusahaan harus dapat tetap berjalan walau secara minimal.

Terakhir, kelompok perusahaan yang benar-benar total perusahaan semua karyawan beraktivitas di rumah. Pertimbangan ini mengingat bahwa pekerjaan yang mereka lakukan dan infrastruktur perusahaan memungkinkan untuk dibuat protocol kerja jarak jauh.

"Saat ini memang kondisi yang sangat berat untuk kita alami, akan tetapi KADIN DKI Jakarta percaya kita dapat segera lalui dengan baik. Untuk itu kami menggugah dunia usaha untuk dapat Bersatu Bersama Pemerintah Daerah mengatasi kondisi ini. Dengan mengikuti beberapa instruksi dan imbauan yang disampaikan," pungkasnya.

Tags : Corona , Kadin , Lockdown , Usaha

Berita Terkait