Ingin Jamin Ketersediaan Pangan, Kementan Ajak Supplier Kerjasama

| Minggu, 22/03/2020 16:51 WIB
Ingin Jamin Ketersediaan Pangan, Kementan Ajak Supplier Kerjasama Pemerintah Ajak Supplier Bahan Pangan Kerjasama (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Mengantisipasi dampak merebaknya wabah Covid-19, Kementerian Pertanian (Kementan) mengajak supplier bahan pangan untuk bekerjasama menyediakan bahan pangan.

Melalui sebuah penandatanganan kesepakatan bersama, Kementan mengatakan pihaknya akan menjamin mengenai ketersediaan dan stabilisasi pasokan dan harga komoditas pangan strategis kepada masyarakat.

"Penandatanganan ini merupakan bentuk komitmen kita semua untuk menjaga pasokan dan stabilitas harga menghadapi wabah Korona serta menjelang puasa dan lebaran," demikian dikatakan Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi saat melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dengan supplier dan produsen pangan, Jumat 20 Februari 2020.

Dirjen Perkebunan Kasdi Subagyono memaparkan dari perspektif neraca pangan, ketersediaan komoditas pangan pokok strategis cukup. Akan tetapi, dari aspek distribusi dan stabilitas harga membutuhkan peran dari semua pihak terutama supplier untuk memenuhi pasokan pangan di pasaran.

“Ini tugas bersama untuk negara dan bangsa dalam menyediakan pangan yang cukup bagi 267 juta orang,” kata Kasdi. 

Adapun ruang lingkup kesepakatan meliputi penyediaan, penyaluran, dan stabilisasi harga 11 komoditas pangan pokok meliputi beras, jagung, daging ayam, daging sapi, telur, minyak goreng, gula pasir, cabai merah, cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih.

 

Tags : Kementan , Supplier